KUDUS



 

Keluaran 19:1-6

1. Pada bulan ketiga setelah orang Israel keluar dari tanah Mesir, mereka tiba di padang gurun Sinai pada hari itu juga. 2 Setelah mereka berangkat dari Rafidim, tibalah mereka di padang gurun Sinai, lalu mereka berkemah di padang gurun; orang Israel berkemah di sana di depan gunung itu.3 Lalu naiklah Musa menghadap Allah, dan TUHAN berseru dari gunung itu kepadanya: "Beginilah kaukatakan kepada keturunan Yakub dan kauberitakan kepada orang Israel: 4 Kamu sendiri telah melihat apa yang Kulakukan kepada orang Mesir, dan bagaimana Aku telah mendukung kamu di atas sayap rajawali dan membawa kamu kepada-Ku.5 Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi. 6 Kamu akan menjadi bagi-Ku kerajaan imam dan bangsa yang kudus. Inilah semuanya firman yang harus kaukatakan kepada orang Israel."



Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, setiap orang mempunyai kekhasan yang membedakan orang itu dengan orang-orang lainnya. Kekhasan itu bisa muncul dalam berbagai bentuk, contohnya nama. Setiap orang mempunyai nama yang berbeda-beda. Namun, kekhasan tidak hanya berbentuk nama. Bisa juga kekhasan itu mengambil bentuk gaya hidup. Gaya hidup seorang pekerja kantoran akan berbeda dengan gaya hidup asisten rumah tangga. Kekhasan dalam bentuk gaya hidup adalah sesuatu yang juga dapat kita temukan dalam Alkitab.


Sobat Teruna, pembacaan Alkitab hari ini terambil dari Kitab Keluaran. Kata Keluaran (exodus) mempunyai makna perjalanan keluarnya bangsa Israel dari Mesir sebagai bentuk karya keselamatan Tuhan bagi bangsa Israel. Dalam pembacaan Alkitab hari ini, penulis Kitab Keluaran menceritakan tentang konsekuensi yang Israel harus jalankan sebagai bangsa pilihan Tuhan. Tuhan memilih Israel sebagai bangsa pilihan-Nya karena kasih-Nya yang begitu besar. Konsekuensi yang Israel harus jalankan adalah kehidupan yang kudus (Ibrani: Qadosy). Kata kudus berarti terpisahnya seseorang dari sesuatu. Terpisah berarti bahwa seseorang hidup dalam sesuatu yang murni atau bersih. Dapat dikatakan bahwa hidup yang kudus adalah hidup dalam Tuhan atau dalam aturan yang Tuhan tentukan.

Sobat Teruna, pada penjelasan di atas dikatakan bahwa kekhasan bisa memunculkan gaya hidup. Tuhan menginginkan bangsa Israel mempunyai gaya hidup yang kudus sebagai bangsa pilihan-Nya. Begitu pula, Tuhan menginginkan teruna Kristen mempunyai gaya hidup yang kudus karena kita adalah orang-orang pilihan-Nya. Gaya hidup yang kudus adalah gaya hidup yang berdasarkan pada kasih. Kasih kepada sesama ciptaan Tuhan, baik itu manusia, hewan, tumbuhan dan alam semesta. Begitu juga kasih kepada Tuhan yang telah memelihara kita. (BA)

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Tuhan, ajar aku untuk memiliki gaya hidup yang kudus. Ajar aku untuk hidup menurut kasih setia-Mu, Tuhan.