KUDUSKAN DIRI, KARENA TUHAN KUDUS


Ezra 8 : 28


28 Dan aku berkata kepada mereka: ”Kamu kudus bagi Tuhan, dan perlengkapan-perlengkapan ini pun kudus, dan perak dan emas ini adalah persembahan sukarela kepada Tuhan, Allah nenek moyangmu;


Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

Firman TUHAN hari ini menyampaikan kepada kita bahwa setelah Ezra memilih dua belas orang sebagai pemuka imam, dia juga menyerahkan perlengkapan-perlengkapan peribadahan. Selain itu Ezra menyerahkan perak, emas dan piala emas serta perlengkapan dari tembaga. Ezra mengatakan kepada mereka bahwa semua yang diserahkan merupakan sesuatu yang kudus. Bukan hanya itu saja, Ezra juga menegaskan bahwa para pemuka imam yang dipilihnya merupakan orang-orang yang memang dikuduskan bagi TUHAN. Dikuduskan bagi TUHAN dapat dipahami dengan dikhususkan untuk Dia. Selain dapat dipahami juga sebagai hidup yang dituntut sesuai dengan kehendak TUHAN.


Selanjutnya Ezra juga mengatakan, bahwa kekudusan yang berhubungan TUHAN ini wajib dipelihara dengan baik. Dalam kaitan memelihara kekudusan dan jika dihubungkan dengan para pemuka imam, maka mereka harus menjaganya dengan hidup sesuai perintah dan kehendak TUHAN. Sedangkan untuk perlengkapan-perlengkapan peribadahan, harus dipergunakan secara khusus untuk beribadah kepada TUHAN. Perintah untuk merawat perlengkapan-perlengkapan yang ada merupakan ketetapan yang harus dilakukan dengan bertanggungjawab. Para pemuka imam diberi kepercayaan untuk mau merawat perlengkapan-perlengkapan dengan baik.


Terkait dengan kekudusan bagi para pemuka imam dan perlengkapan-perlengkapan peribadahan, melalui Firman TUHAN hari ini kita hendak diingatkan bahwa menjaga dan memelihara kekudusan diri dan peribadahan merupakan sesuatu yang sangat penting. Kekudusan hidup dan peribadahan itu harus kita jaga sejak saat ini. Kekudusan hidup tidak datang begitu saja, tapi harus terus dilatih dalam kehidupan kita. Kekudusan hidup dan peribadahan juga mengingatkan pada tujuan dan makna hidup kita yang dikhususkan bagi TUHAN. Kita hidup karena TUHAN. Sebagai ungkapan syukur, kita harus menjaga kekudusan hidup. Selamat belajar dan melakukan hidup kudus. (DH)


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Ya TUHAN, tolong mampukan aku untuk dapat menjaga kekudusan hidup dan peribadahan agar dapat menjadi berkat ketika hadir di mana pun sebagai saksi yang memuliakan-Mu.