top of page

"LAYANG-LAYANG"




 


Galatia 5 : 13 -15



13 Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.14 Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!"15 Tetapi jikalau kamu saling menggigit dan saling menelan, awaslah, supaya jangan kamu saling membinasakan.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.



 



Sobat Teruna, apa sih merdeka itu?. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan merdeka : bebas ( dari perhambaan, penjajahan, dan sebbagainya): berdiri sendiri: tidak terkait, tidak takut, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu; leluasa. Semua manusia di dunia ini mau dijajah, terkait dan dibatasi ruang geraknya.


Rasul Paulus dalam tulisannya mengingatkan status kita sebagai pengikut Kristus. Apakah status kita?. Kita adalah orang merdeka. Merdeka dari ketertarikan atas dosa dan maut. Jadi layaklah kita merasa bersukacita dan berbahagia. Tapi, tunggu dulu, "reminder" Paulus tidak hanya sampai disitu. rasul Paulus juga mau mengingatkan hal kedua, bahwa status orang merdeka yang kita miliki itu bukan merdeka yang bablas tanpa kendali. Didalam sebuah kotbah, seorang Pendeta mengilustrasikan bahwa orang Kristen yang merdeka seumpama sebuah layangan yang melayang-layang di langit biru. Dia bebas meliuk karena hembusan angin, namun layang-layang itu masih dalam kendali sebuah tali dan bukan seperti layangan putus yang terbawa angin kesana kemari tanpa kontrol lalu jatuh terhempas karena saking bebasnya.


Orang merdeka yang Paulus maksud adalah orang merdeka yang bertanggung jawab. memaknai kemerdekaan dengan Kasih. Lalu, kasih itu apa? Kasih itu memiliki tangan untuk menolong orang lain, kasih memiliki kaki untuk menghampiri mereka yang miskin, kasih memiliki mata untuk melihat kebutuhan-kebutuhan orang lain, kasih juga memiliki telinga untuk mendengar rintihan mereka yang menderita 9santo Antonius).


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


"Tuhan Yesus, ajarkan kami menjadi orang Kristen yang berlimpah kasih dan tanggung jawab dengan karunia kemerdekaan yang dari pada Mu. Kami berdoa untuk teman-teman yang terpapar AIDS, Tuhan memberi kekuatan dan penghiburan. Amin"





Comments


bottom of page