MELAKUKAN AJARAN FIRMAN TUHAN



 

Yohanes 8 : 28

28 Maka kata Yesus: ”Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


George Muller (1805-1898) adalah seorang misionaris Kristen dan kepala dari sebuah rumah yatim piatu di Bristol Inggris. Semasa hidupnya sekitar 10.024 anak yatim piatu berada dalam pengasuhannya. Pengajaran Muller tampak dalam kerja dan kehidupan pribadinya. Suatu hari Muller harus melakukan pelayanan dengan menggunakan kapal penyeberangan. Sayangnya, kapal itu tidak dapat berangkat karena badai yang sangat kuat. Nahkoda kapal tidak berani menyeberangkan kapal tersebut di tengah kondisi yang buruk itu. Muller pun mengajak nahkoda tersebut ke geladak kapal dan berdoa. Doanya sangat sederhana: "Tuhan, Engkau tahu hamba-Mu ini harus menyeberang untuk menjalankan tugas. Kiranya Tuhan meredakan badai ini." Selesai Muller berdoa, seketika itu juga mujizat terjadi. Badai mereda dan kapal itu pun dapat menyeberang.


Iman Muller kepada Tuhan sungguh memberikan teladan yang kuat. Padahal Muller saat masa remaja dikenal sangat jauh dari Tuhan dan tidak punya tujuan hidup yang baik. Bahkan pada usia lima belas tahun, saat Ibunya meninggal, Muller sedang berjudi dan mabuk-mabukan dengan teman-temannya. Perubahan terjadi saat ayahnya memaksa Muller masuk ke Pendidikan Teologi di Universitas Halle. Hidup Muller berubah sejak dia rutin membaca Alkitab dan merenungkan Firman Tuhan bersama teman-temannya di kampus itu.


Teruna GPIB, pertumbuhan iman kita hanya bisa terjadi bila kita dengan sungguh-sungguh mendengarkan dan melakukan ajaran Tuhan melalui Firman-Nya. Tuhan Yesus mengajarkan hal-hal yang dikehendaki Bapa di surga, sehingga kita mendapatkan tuntunan yang tepat dalam hidup ini. Mari sungguh-sungguh hidup dalam tuntunan Firman Tuhan. Dengan demikian, kita pun dapat menuntun orang pada Tuhan lewat teladan iman dan karya yang memuliakan-Nya. Kuasa Roh Kudus menuntun kita senantiasa. (DSAB)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Tuhan Yesus, tolong aku menjadi remaja yang taat dan setia melakukan pengajaran-Mu.