top of page

Melawan Arus , Siapa Takut ?



 

Ibrani 1 : 2


1 Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan apa yang telah kita dengar, supaya kita jangan hanyut dibawa arus.



Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 


Kata idola ' berasal dari kata Yunani eidos yang berarti penampakan . Di Alkitab kata eidos diartikan sebagai gambar yang dibuat manusia tapi disembah ( tuhan berhala ) . Sedangkan kata fan ' , berasal dari kata Latin ' fanum ' yang diartikan sebagai kegilaan semangat untuk sesuatu agama / politik . Jelas sekali bahwa kedua kata di atas berkonotasi negatif . Lantas , apakah kita pernah menjadi / memiliki sifat - sifat di atas ?


Di zaman serba digital ini , banyak orang berlomba - lomba menjadi terkenal dan kaya . Bahkan menganggap diri sebagai influencer atau selebriti tiktok , instagram , dan youtuber . Dengan berbagai kecanggihan teknik komunikasi , para idola mencoba memengaruhi kaum muda untuk membeli produk yang mereka pakai .


Tidak sampai di situ saja , gelombang lagu populer , film seri Hollywod dan K - Pop , Netflix , AWS Prime , mudah diakses dalam satu sentuhan jari.Jika dilihat lebih teliti lagi , dibalik suguhan yang menarik dan musik yang keren terdapat hal - hal yang berpotensi menggoyahkan iman Kristen kita , seperti kata - kata menghujat dan kasar , gambar dan video tidak layak untuk remaja , dsb ) . Bagaimana sikap teruna - teruni Kristus dalam menghadapi gejala ini ?


Kita patut berdoa untuk mendapat hikmat dan kemampuan memilih mana yang baik dan benar ( Amsal 1 : 7 ) , karena dunia ini penuh dengan segala tipu muslihat kejahatan ( Efesus 5:16 , Efesus 6:12 ) . Firman Tuhan hari ini ( lbr . 2 : 1 ) menjadi panduan agar kita berani melawan arus , seperti ikan salmon yang melawan arus di hulu sungai .


Ikan salmon setiap tahunnya melakukan migrasi dari laut ke sungai untuk bertelur . Perjalanan ini , sangatlah menantang karena pusaran air sangat kencang di hulu sungai . Melalui evolusi , ikan salmon belajar untuk berenang dalam kelompok , sehingga mereka bisa menciptakan gerakan besar untuk melawan arus . Sungguh contoh yang baik bagi Sobat Teruna dan saya bersekutulah dengan umat Kristen ( IHMPT , vocal group PT ) agar iman dan mental kita diperkuat untuk melawan arus negatif dan dapat memetik pelajaran dari arus positif dunia ini . GAM/Is




 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Doa: Tuhan Yesus , berikan aku hikmat untuk menilai mana tontonan , lagu , bahkan pergaulan yang harus aku ikuti . Besertaku selalu di setiap langkah yang aku ambil . Dalam nama Yesus , Amin .

תגובות


bottom of page