MELINDUNGI


1 Tesalonika 2:11-12


11 Kamu tahu, betapa kami, seperti bapa terhadap anak-anaknya, telah menasihati kamu dan menguatkan hatimu seorang demi seorang, 12 dan meminta dengan sangat, supaya kamu hidup sesuai dengan kehendak Allah, yang memanggil kamu ke dalam Kerajaan dan kemuliaan-Nya.


Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Di Alkitab paling tidak ada tiga tokoh yang digambarkan telah berhasil sejak masa mudanya, yakni Salomo, Timotius dan Yesus. Rahasianya adalah karena mereka mendengar nasihat bapaknya dan mematuhinya. Salomo mendengar dan mematuhi nasihat Daud, bapaknya. Timotius mendengar dan mematuhi nasihat Paulus, bapak rohaninya. Yesus mendengar dan patuh penuh pada nasihat dan kehendak Bapa-Nya di sorga. Nampaklah bahwa bapak melindungi tidak hanya dengan keperkasaanya. Seorang bapak atau ayah melindungi anaknya dengan pengajaran, menasihati, memotivasi untuk melakukan yang baik dan benar.


Begitu pula dengan Rasul Paulus yang menempatkan dirinya sebagai bapak bagi jemaat di Tesalonika. Dalam pertumbuhan jemaat di Tesalonika, Rasul Paulus mengetahui ada bahaya penyesatan dan penyimpangan perilaku iman karena lingkungan yang menggoda serta ancaman penyiksaan yang menakutkan. Sebagai bapak yang mengalami dan mengetahui yang benar, Paulus memberikan perlindungannya dengan mengajar, menasihati, menguatkan hati serta meminta agar jemaat di Tesalonika tetap menjadi persekutuan yang hidup sesuai dengan kehendak Allah supaya mereka tetap selamat. Yang membuatnya menjadi keren adalah bahwa tugas “berbuah” atau memberitakan kabar baik seperti ini harus dilakukan terus sepanjang kejahatan dan penyesatan masih ada atau sampai kematian menjemput. Wow, hebat kan sobat Teruna? Menjadi superhero seumur hidup.

Nah, bagaimana dengan kita? Kehidupan sekarang ini penuh dengan kekerasan, ajaran dan ajakan menyesatkan, sahabat yang berkhianat, amarah, iri hati dan nafsu. Memang kita belum menjadi seorang bapak, tapi renungkanlah hal ini. Jika bahaya mendekati orang yang dikasihi, apakah kita akan menjadi pelindung baginya dan menghindarkan dia dari melakukan kesalahan? (EHAR)


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Ya Bapa, tolong agar di dalam kekuatan-Mu aku mau dan dimampukan melindungi sesama.