MEMBANGUN NILAI POSITIF




 


Titus 2 : 1 - 3


"1 Tetapi engkau, beritakanlah apa yang sesuai dengan ajaran yang sehat: 2 Laki-laki yang tua hendaklah hidup sederhana, terhormat, bijaksana, sehat dalam iman, dalam kasih dan dalam ketekunan. 3 Demikian juga perempuan-perempuan yang tua, hendaklah mereka hidup sebagai orang-orang beribadah, jangan memfitnah, jangan menjadi hamba anggur, tetapi cakap mengajarkan hal-hal yang baik."


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 

Sobat Teruna, setiap keluarga mempunyai nilai-nilai (family value) yang dianggap baik dan penting untuk diajarkan dan dimiliki oleh setiap orang dalam keluarga tersebut. Umumnya, nilai keluarga diajarkan dari generasi ke generasi, diturunkan dari orangtua kepada anak-anaknya. Demikian seterusnya, sampai anak-anaknya menjadi dewasa dan mempunyai keluarga sendiri, maka nilai keluarga ini akan diturunkan lagi ke generasi selanjutnya.


Dalam pembacaan Alkitab kita hari ini, Rasul Paulus menuliskan beberapa hal yang menjadi kewajiban bagi jemaat sesuai golongan umurnya, yang dapat juga kita jadikan contoh nilai-nilai dalam keluarga. Bacalah dan tandai jika ada nilai-nilai yang dimiliki oleh keluargamu.

1. Laki-laki yang tua (Kakek), hendaklah hidup sederhana, terhormat, bijaksana, sehat dalam iman, dalam kasih dan dalam ketekunan.

2. Perempuan yang tua (Nenek), hendaklah hidup sebagai orang-orang yang beribadah, jangan memfitnah, jangan menjadi hamba anggur (pemabuk), cakap mengajarkan hal-hal yang baik bagi keluarganya, mendidik perempuan muda untuk mengasihi suami dan anak-anaknya.


Nilai-nilai keluarga di atas tidak dapat dengan cepat dipelajari, tetapi dapat dilakukan setiap hari sehingga terbangun menjadi suatu kebiasaan atau pola hidup. Tentu saja dibutuhkan kesabaran dan komitmen bersama dalam keluarga. Nilai-nilai keluarga di atas, dapat dipilih 2-3 yang akan dibangun lebih dahulu sejak usia muda. Seiring dengan pertambahan usia, kita bisa mulai menambahkan nilai-nilai lainnya yang akan dibangun untuk melengkapi nilai-nilai sebelumnya.


Sobat Teruna, di hari ulang tahun Pelayanan Kategorial (Pelkat) Pelayanan Anak GPIB yang ke-63 tahun ini, mari jadilah teladan bagi adik-adik di Pelkat PA, agar mereka juga belajar nilai-nilai keluarga yang baik dari kita dan orang tua mereka sejak usia dini. Selamat menjadi teladan. (VF)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Doa : Tuhan Yesus, bantu aku agar dapat menjadi teladan yang baik bagi adik-adik Pelkat PA di jemaatku.