top of page

MEMBANGUN RELASI YANG BAIK



 

Kejadian 45 : 16

16 Ketika dalam istana Firaun terdengar kabar, bahwa saudara-saudara Yusuf datang, hal itu diterima dengan baik oleh Firaun dan pegawai-pegawainya.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, kita bersyukur karena ada banyak sekali anak-anak Tuhan yang diberikan tanggung jawab oleh pemimpin negeri ini melaksanakan tugas yang sangat penting bagi kelangsungan bangsa. Kita mengenal tokoh seperti Basuki Tjahaya Purnama (Ahok). Kita juga mengenal Menteri Kemaritiman, Bapak Luhut Panjaitan, dan masih banyak lagi anak-anak Tuhan yang berkiprah di tengah bangsa. Mereka bahkan menjadi orang kepercayaan dari pemimpin tertinggi dengan tugas yang mulia, yaitu mewujudkan kedamaian bagi bangsa Indonesia.


Sobat Teruna, ada kisah menarik tentang Yusuf dalam bacaan Alkitab hari ini. Di istananya, Firaun diceritakan menerima dengan baik saudara-saudara Yusuf yang datang dari Kanaan ke Mesir. Peristiwa tersebut menggambarkan relasi yang harmonis antara Yusuf dan Firaun. Yusuf dan Firaun berbeda keyakinan. Yusuf percaya kepada TUHAN yang diimani sejak zaman nenek moyangnya, yaitu Abraham. Sedangkan Firaun, raja Mesir yang diakui sebagai otoritas tertinggi agama di Mesir. Hubungan tersebut terjadi karena rasa percaya Firaun kepada Yusuf yang telah berjasa menyelamatkan Mesir dari bencana kelaparan global pada saat itu (lihat Kej. 41:38). Bagi Firaun, kebaikan Yusuf tidak lepas dari agamanya sendiri yang mengajarkan bahwa tugas orang yang percaya kepada TUHAN adalah memelihara kehidupan menjadi lebih baik.


Sobat Teruna, penting bagi kita untuk memulai sejak dini membina relasi harmonis dengan teman dan rekan-rekan yang berbeda keyakinan. Kita pun hendaknya tetap mempertahankan karakter yang baik sekaligus bisa dipercaya. Kebaikan yang dilakukan hendaknya tidak dipahami hanya untuk orang yang sama keyakinan atau agamanya dengan kita. Kebaikan yang kita lakukan harusnya untuk setiap orang tanpa memandang latar belakang agama, suku, kelompok yang berbeda. (HT)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan, terima kasih untuk setiap pribadi yang Engkau hadirkan dalam hidupku. Tolonglah aku dalam membangun relasi yang baik dan menjadi pribadi yang bisa dipercaya.

Comments


bottom of page