top of page

MEMBERI DIRI MEMBERITAKAN INJIL



 

Kisah Para Rasul 13: 1-3

1 Pada waktu itu dalam jemaat di Antiokhia ada beberapa nabi dan pengajar, yaitu: Barnabas dan Simeon yang disebut Niger, dan Lukius orang Kirene, dan Menahem yang diasuh bersama dengan raja wilayah Herodes, dan Saulus.

2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: ”Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.” 3 Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Fanny J. Crosby, adalah pencipta lagu rohani yang mengalami kebutaan sejak usia enam minggu. Ia pernah berkata ”Kalau aku ditanya Tuhan sebelum aku lahir, apakah mau buta atau normal? Ia menjawab, “Buta. Mengapa? Pertama, karena aku lebih berguna bagi banyak orang. Aku dapat menguatkan orang-orang dengan nyanyian-nyanyianku. Kedua, jika kematian tiba, maka pertama kali yang kulihat adalah wajah Juruselamatku. Betapa bahagianya aku”. Fanny adalah contoh seorang Kristen buta, namun dapat melihat dengan “mata iman”. Ia menyampaikan kabar keselamatan Kristus lewat lagu-lagunya yang menguatkan banyak orang. Antara lain “Kuberbahagia”, “Mampirlah Dengar Doaku” (KJ.26) dan masih banyak lagi.


Sobat Teruna, seperti Fanny yang memberi hidupnya untuk dipakai oleh Tuhan, demikian pula di Antiokhia Barnabas dan Saulus (Paulus) memberi diri mereka guna menjadi alat berkat-Nya bagi banyak orang. Inilah perjalanan pertama kali mereka, seperti dikatakan pada ayat 2. Berkatalah Roh Kudus, “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka”. Mereka dipanggil dan diutus oleh Roh Kudus untuk memberitakan kabar keselamatan, sehingga banyak orang menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat.

Sobat Teruna, Injil (Yunani: “euangelion” ) atau kabar baik, tidak hanya dipercayakan kepada Fanny, Barnabas dan Saulus saja. Injil juga dipercayakan kepada setiap orang percaya guna diberitakan. Tuhan Yesus ingin kita menceritakan tentang kebaikan, kasih dan pengorbanan-Nya kepada mereka yang belum percaya. Mungkin lewat lagu, melalui sikap hidup dan perbuatan baik kepada orang lain agar mereka juga dapat menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamatnya. Tuhan Yesus pun mau memakai Sobat Teruna untuk menjadi alat kesaksian-Nya bagi banyak orang. Apakah Sobat Teruna bersedia? (MM)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Tuhan Yesus, tolong jadikanlah aku,teruna yang berguna yang bersedia memberitakan kasih-Mu dan damai sejahtera-Mu di tengah dunia ini.

Comments


bottom of page