top of page

MEMULIAKAN ALLAH




 


Daniel 2 : 46 - 49


46 Lalu sujudlah raja Nebukadnezar serta menyembah Daniel; juga dititahkannya mempersembahkan korban dan bau-bauan kepadanya. 47 Berkatalah raja kepada Daniel: "Sesungguhnyalah, Allahmu itu Allah yang mengatasi segala allah dan Yang berkuasa atas segala raja, dan Yang menyingkapkan rahasia-rahasia, sebab engkau telah dapat menyingkapkan rahasia itu."48 Lalu raja memuliakan Daniel: dianugerahinyalah dengan banyak pemberian yang besar, dan dibuatnya dia menjadi penguasa atas seluruh wilayah Babel dan menjadi kepala semua orang bijaksana di Babel.49 Atas permintaan Daniel, raja menyerahkan pemerintahan wilayah Babel itu kepada Sadrakh, Mesakh dan Abednego, sedang Daniel sendiri tinggal di istana raja.

 

Sobat teruna, kita pasti sering diingatkan melalui khotbah atau renungan untuk selalu memuliakan Tuhan melalui kehidupan kita. Namun, apa artinya memuliakan Tuhan? Memuliakan Tuhan berarti kita menyatakan Tuhan Allah dalam dan melalui kehidupan kita. Memuliakan Tuhan berarti melalui kita orang-orang di sekitar kita dapat melihat Tuhan Allah yang kita sembah dan memuji-muji DIA. Hal inilah yang juga dilakukan oleh Daniel.


Perikop hari ini merupakan kelanjutan dari bacaan kemarin. Dalam bacaan Alkitab kemarin kita melihat bagaimana Daniel bersama dengan sahabat-sahabatnya berdoa, memohon kasih sayang dari Allah agar dapat menjelaskan makna mimpi raja. Doa Daniel dan kawan-kawan dijawab oleh Tuhan Allah. Rahasia mimpi raja disingkapkan oleh Tuhan kepada Daniel (Dan. 2:19).


Hal ini membuat Nebukadnezar mengakui dan memuji-muji kebesaran Allah Israel (ay. 47) serta memberikan banyak hal kepada Daniel dan ketiga sahabatnya (ay. 48-49). Melalui kehidupan Daniel, Nebukadnezar, raja Babel yang tidak mengenal Tuhan akhirnya mengakui kedaulatan dan kuasa Allah. Nebukadnezar bahkan memuji-muji Tuhan Allah.


Sebuah lirik lagu berkata: “Hidupmu kitab terbuka, dibaca sesamamu, apakah tiap pembacanya melihat Yesus dalammu?” Jika lirik lagu ini dipertanyakan kepada kita, apa kira-kira yang akan menjadi jawaban kita? Sudahkah kehidupan kita juga menyatakan Kristus kepada sesama kita? Sudahkah kehadiran kita menyatakan kemuliaan dan kasih Allah?


Sobat teruna, mari miliki cara hidup yang baik dengan melakukan apa yang Tuhan kehendaki agar melalui kehidupan kita sehari-hari, orang lain di sekitar kita dapat mendengar, melihat dan mengalami kebesaran Kristus Yesus, Tuhan kita dan memuji-muji serta memuliakan DIA. DN

 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Doa : Tuhan, kiranya melalui kehidupanku Engkau dipuji dan dimuliakan.



Comments


bottom of page