top of page

MENDENGARKAN PESAN



 

Kejadian 49 : 1-21

1 Kemudian Yakub memanggil anak-anaknya dan berkata: "Datanglah berkumpul, supaya kuberitahukan kepadamu, apa yang akan kamu alami di kemudian hari. 2 Berhimpunlah kamu dan dengarlah, ya anak-anak Yakub, dengarlah kepada Israel, ayahmu. 3 Ruben, engkaulah anak sulungku, kekuatanku dan permulaan kegagahanku, engkaulah yang terutama dalam keluhuran, yang terutama dalam kesanggupan. 4 Engkau yang membual sebagai air, tidak lagi engkau yang terutama, sebab engkau telah menaiki tempat tidur ayahmu; waktu itu engkau telah melanggar kesuciannya. Dia telah menaiki petiduranku! 5 Simeon dan Lewi bersaudara; senjata mereka ialah alat kekerasan. 6 Janganlah kiranya jiwaku turut dalam permupakatan mereka, janganlah kiranya rohku bersatu dengan perkumpulan mereka, sebab dalam kemarahannya mereka telah membunuh orang dan dalam keangkaraannya mereka telah memotong urat keting lembu.7 Terkutuklah kemarahan mereka, sebab amarahnya keras, terkutuklah keberangan mereka, sebab berangnya bengis. Aku akan membagi-bagikan mereka di antara anak-anak Yakub dan menyerakkan mereka di antara anak-anak Israel. 8 Yehuda, engkau akan dipuji oleh saudara-saudaramu, tanganmu akan menekan tengkuk musuhmu, kepadamu akan sujud anak-anak ayahmu. 9 Yehuda adalah seperti anak singa: setelah menerkam, engkau naik ke suatu tempat yang tinggi, hai anakku; ia meniarap dan berbaring seperti singa jantan atau seperti singa betina; siapakah yang berani membangunkannya? 10 Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa. 11 Ia akan menambatkan keledainya pada pohon anggur dan anak keledainya pada pohon anggur pilihan; ia akan mencuci pakaiannya dengan anggur dan bajunya dengan darah buah anggur. 12 Matanya akan merah karena anggur dan giginya akan putih karena susu. 13 Zebulon akan diam di tepi pantai laut, ia akan menjadi pangkalan kapal, dan batasnya akan bersisi dengan Sidon. 14 Isakhar adalah seperti keledai yang kuat tulangnya, yang meniarap diapit bebannya, 15 ketika dilihatnya, bahwa perhentian itu baik dan negeri itu permai, maka disendengkannyalah bahunya untuk memikul, lalu menjadi budak rodi. 16 Adapun Dan, ia akan mengadili bangsanya sebagai salah satu suku Israel. 17 Semoga Dan menjadi seperti ular di jalan, seperti ular beludak di denai yang memagut tumit kuda, sehingga penunggangnya jatuh ke belakang. 18 Aku menanti-nantikan keselamatan yang dari pada-Mu, ya TUHAN. 19 Gad, ia akan diserang oleh gerombolan, tetapi ia akan menyerang tumit mereka. 20 Asyer, makanannya akan limpah mewah dan ia akan memberikan santapan raja-raja. 21 Naftali adalah seperti rusa betina yang terlepas; ia akan melahirkan anak-anak indah.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, manusia diciptakan oleh Tuhan dilengkapi dengan dua buah telinga dan satu buah mulut. Banyak orang memaknainya bahwa kita harus lebih banyak mendengar daripada berbicara. Ada juga yang mengartikannya dengan pemahaman bahwa kita harus mendengar secara baik terlebih dahulu sebelum berkata-kata. Namun dalam kenyataan sehari-hari, kita mungkin sering melihat orang-orang lebih banyak berbicara dan maunya didengarkan. Hal ini bisa menyebabkan pesan-pesan yang hendak disampaikan menjadi tidak dipahami dengan baik.


Dalam bacaan hari ini, dikisahkan Yakub mengumpulkan seluruh anak-anaknya dan meminta mereka mendengarkan apa yang hendak disampaikannya menjelang ajalnya. Ayat 3-21 merupakan perkataan Yakub kepada Ruben, Simeon, Lewi, Yehuda, Zebulon, Isakhar, Dan, Gad, Asyer, Naftali. Sedangkan ayat 22-27 memuat perkataan Yakub yang ditujukan kepada Yusuf dan Benyamin. Yakub hendak menyampaikan semacam pesan terakhir yang di dalamnya ada nasihat, peringatan dan nubuat. Seluruh anaknya diminta mendengarkan dengan saksama. Karena seluruh anaknya harus sungguh-sungguh memahami itu agar nantinya dapat menjalani kehidupan dengan bijak berdasarkan pesan terakhir ayah mereka. Artinya, kalau ada teguran, mereka harus bisa berubah. Kalau ada nubuatan yang baik, mereka harus menjaga hal itu sampai terwujud dengan sikap hidup yang benar di hadapan Tuhan.

Sobat Teruna, mendengarkan perkataan, nasihat, teguran dan pesan orang tua merupakan salah satu hal penting yang perlu kita miliki sebagai anak. Setiap orang tua selalu menghendaki yang terbaik untuk anak-anaknya. Orang tua mana pun juga selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Itu sebabnya, dengan dua telinga yang dianugerahkan Tuhan, sangatlah baik kalau kita sungguh-sungguh mendengarkan mereka demi kehidupan dan masa depan kita yang lebih baik. (DNU)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Ya Tuhan, mohon bentuklah aku menjadi pribadi-pribadi yang dengar-dengaran kepada-Mu dan orang tuaku.

Comments


bottom of page