top of page

"MENEGUR DENGAN LEMAH LEMBUT"




 


Galatia 6 : 1



1 Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.



 


Pagi itu Rio tidak sengaja bertemu Sigit, Doni dan Lukman dipersimpangan jalan menuju sekolah. ketiga anak itu mengajak Rio untuk berenang di danau dekat desa saat jam pelajaran sekolah. Rio menolak karena itu berarti dia membolos. Sore hari ketika Rio sedang berada di rumah, dia mendengar berita bahwa ketiga teman sekolahnya itu tenggelam di danau. Rio sangat kaget dan sedih. Dia bersyukur tidak ikut ajakan ketiga teman-temannya itu, tetapi di dalam hatinya timbul rasa sesal yang dalam karena dia tidak berusaha menasehati atau mencegah teman-temanya ketika mereka berbuat salah.


Sobat Teruna, cerita diatas dapat digunakan sebagai ilustrasi untuk nasehat Paulus diperikop hari ini : Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri,supaya kamu juga jangan kena pencobaan.


Pertanyaannya adalah. apakah perbuatan Rio sudah seturut dengan Firman?. Rio melakukan hal yang benar ketika mengambil keputusan untuk menghindar dari sebuah ajakan atau hasulan dosa, namun Rio tidak menjalankan kasih yang seharusnya dia lakukan. Maksudnya?. Sobat Teruna, di ilustrasi cerita itu, Rio hanya fokus dengan dirinya sendiri untuk tidak jatuh dalam dosa tetapi Rio membiarkan teman — temannya berbuat dosa. Ketika kita melihat orang lain berbuat salah, sesuai nasehat Rasul Paulus, beranikan diri untuk menegur mereka dengan lemah lembut sehingga orang tersebut sadar dan tidak berbuat dosa lagi. Menegur dengan lemah lembut merupakan bentuk kasin dan kepedulian.





Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


" Tuhan Yesus ajar kami terus berjaga - jaga unuk tidak Jatuh dalam dosa namun ajarkan kami juga untuk peduli dan mampu menegur dengan lemah lembut kepada siapa yang berbuat salah. Amin"





Comments


bottom of page