MENERIMA FIRMAN TUHAN


Matius 11 : 20-24

20 Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya: 21 ”Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. 22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu. 23 Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini. 24 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.”


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974,2018.


Sobat Teruna, mengapa dalam semua kisah perjumpaan Tuhan Yesus dengan para ahli Taurat, Imam Kepala atau orang Farisi diceritakan bahwa Ia bertentangan dengan mereka? Padahal mereka adalah kelompok orang yang paham Kitab Suci karena ada yang bertugas mengajar umat tentang Taurat dan nubuat para nabi. Pasti ada beragam pendapat yang akan Sobat Teruna sebutkan, bukan? Salah satu di antaranya adalah karena mereka tidak mau menerima pengajaran Tuhan Yesus. Pengajaran Tuhan Yesus kerap memperlihatkan kesalahan pemikiran maupun tindakan yang mereka lakukan. Jadi, walaupun melihat berbagai perbuatan ajaib dan pengajaran Tuhan Yesus, mereka tetap tidak mau percaya pada-Nya. Sikap seperti itu juga ditunjukkan oleh orang Yahudi yang ada di 3 (tiga) kota Yahudi yaitu Khorazim, Betsaida dan Kapernaum.


Tuhan Yesus memberikan kritik tajam pada mereka. Karena walaupun ada banyak perbuatan ajaib yang dilakukan Tuhan Yesus di 3 (tiga) kota itu, mereka tidak mau percaya kepada pengajaran-Nya. Mereka tidak mau mengaku berdosa dan meminta pengampunan Bapa atas segala tindakan yang tidak sesuai dengan kehendak-Nya. Tuhan Yesus membandingkan mereka dengan penduduk Tirus, Sidon, dan Sodom. Itu adalah kota yang dihancurkan Tuhan karena kejahatan penduduknya. Menurut Yesus pasti orang-orang di sana akan menyesali juga mengaku dosa serta memohon pengampunan, lalu bertobat kembali setia pada Tuhan, jika waktu itu Dia hadir, mengajar dan membuat mujizat di kota-kota tersebut.


Pesan Firman hari ini untuk kita:

1. Bukalah hati dan pikiran untuk percaya kepada Firman Tuhan

2. Buanglah sifat dan sikap yang tidak baik, serta terimalah dan lakukan pengajaran, nasihat serta teguran yang benar untuk melakukan Firman Tuhan. (MCLH)




Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, mohon kuasailah senantiasa hatiku untuk mau menerima pengajaran dan kritik yang membangun serta memperbaiki diri agar semakin baik.