top of page

MENERIMA JANJI TUHAN YESUS



 

Kisah Para Rasul 1 : 6-11


6 Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: ”Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?” 7 Jawab-Nya: ”Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. 8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” 9 Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. 10 Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, 11 dan berkata kepada mereka: ”Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.”



Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Berdasarkan Kenaikan Tuhan Yesus ke sorga adalah peristiwa penting yang tidak terpisahkan dari seluruh rangkaian kehadiran Tuhan Yesus di dunia sejak kelahiran, kematian dan kebangkitan-Nya bahkan hingga peristiwa Pentakosta. Seluruh rangkaian peristiwa ini membuktikan Allah menggenapi rancangan-Nya untuk menebus dan menyelamatkan manusia melalui Tuhan Yesus. Kenaikan Tuhan Yesus mengingatkan kita akan janji-Nya bahwa setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak dibiarkan sendirian. Sebelum Ia terangkat ke sorga, Tuhan Yesus menjanjikan kehadiran Roh Kudus kepada murid-murid-Nya. Janji itu digenapi saat Roh Kudus tercurah ke atas para murid di hari Pentakosta. Sejak itu setiap orang percaya merasakan tuntunan Roh Kudus yang senantiasa mengajarkan kehendak dan kebenaran Allah pada umat-Nya.


Pada peringatan kenaikan Tuhan Yesus ke sorga, ada beberapa hal yang perlu kita ingat. Pertama, Tuhan Yesus memberikan kepada kita Roh Kudus yang berkuasa menuntun kita untuk melanjutkan karya Kristus di dunia. Mungkin Sobat Teruna merasa kuatir bagaimana melakukan hal itu. Roh Kudus akan memampukan Sobat Teruna untuk hidup sesuai kehendak Tuhan dan meneruskan kebaikan-kebaikan-Nya dalam keseharian dengan sesama. Kedua, Roh Kudus yang dicurahkan senantiasa setia menyertai kita. Sobat Teruna patut bersyukur dan bersukacita karena kita tidak sendirian menjalani kehidupan di dunia. Dalam keadaan apa pun kuasa Roh Kudus memberikan kita hikmat dan keberanian bersaksi tentang kebenaran Kristus melalui karya dan karsa kita sehari-hari. Roh Kudus memberi kemampuan pada Sobat Teruna sehingga dapat meneladani sikap dan pelayanan Tuhan Yesus yang senantiasa penuh kasih dan kepedulian. Kuasa Roh Kudus juga yang akan senantiasa membarui hidup Sobat Teruna sehingga bertumbuh dalam kebenaran Firman Tuhan. Selamat menyambut penggenapan janji Tuhan Yesus di hari Kenaikan-Nya. (DSAB)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Ya Roh Kudus sertai dan tuntunanlah aku dengan kuasa-Mu agar aku dapat menjadi saksi Kristus di dunia.

Comments


bottom of page