MENGAMPUNI DAN DIAMPUNI


Matius 6 : 12

12 dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;



Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974,2018.


Sobat Teruna, menuntut hak tentu lebih mudah daripada melaksanakan kewajiban. Dalam berdoa, nuansa menuntut atau meminta seperti itu pun kerap terjadi. Coba dengarkan doa-doa kita. Berapa sering yang berisi permohonan kepada Allah? Lalu, pikirkan juga berapa sering yang telah kita lakukan dalam memenuhi kehendak Allah? Umumnya, yang pertama lebih sering terjadi daripada yang kedua!


Dalam bagian Doa Bapa Kami, kita memohon pengampunan Allah Bapa atas kesalahan ataupun dosa yang diperbuat. Jika diperhatikan dengan lebih teliti bagian doa ini, maka yang pertama Yesus Kristus mengajarkan agar setiap orang lebih dahulu mengampuni mereka yang berbuat salah, sebelum memohon pengampunan untuk diri sendiri. Lebih dahulu? Ya. Yesus menghendaki keselarasan hidup. Jika ingin diampuni, maka harus mengampuni. Jika ingin relasi kita baik dengan-Nya, maka hubungan baik dengan sesama juga harus dijaga. Yang kedua, Yesus menginginkan sikap hidup yang pro-aktif, bukan menunggu apalagi menuntut. Dengan mengampuni, kita akan tahu betapa beratnya proses memaafkan. Akhirnya kita akan menjadi pribadi yang lebih berhati-hati dalam betindak agar tidak berbuat salah, apalagi menyakiti orang lain.

Desmond Tutu (seorang Pastor di Afrika Selatan, pejuang anti apartheid dan hak-hak manusia) menyatakan, “Kebenaran yang sederhana adalah bahwa kita semua membuat kesalahan, dan kita semua membutuhkan pengampunan.” Kita semua pasti pernah membuat kesalahan, bukan? Ketika berbuat salah, kita ingin diampuni. Apa akibatnya jika kita tidak dimaafkan? Kita akan menjadi takut dan khawatir. Apalagi kalau orang itu kemudian menjauhi kita. Jadi, mari kita mengampuni lebih dahulu. Sobat teruna, tulislah kata-kata kita sendiri tentang pengampunan di bawah gambar Desmond Tutu! (ES)



Pengampunan Nama:______________


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Ya Tuhan, tolong aku bisa mengasihi seperti yang Engkau ajarkan, sehingga tidak ada lagi kebencian yang menghalangiku untuk mengampuni.