MENGENDALIKAN KEINGINAN



 

Kisah Para Rasul 16: 16-18

16 Pada suatu kali ketika kami pergi ke tempat sembahyang itu, kami bertemu dengan seorang hamba perempuan yang mempunyai roh tenung; dengan tenungan-tenungannya tuan-tuannya memperoleh penghasilan besar. 17 Ia mengikuti Paulus dan kami dari belakang sambil berseru, katanya: ”Orang-orang ini adalah hamba Allah Yang Mahatinggi. Mereka memberitakan kepadamu jalan kepada keselamatan.” 18 Hal itu dilakukannya beberapa hari lamanya. Tetapi ketika Paulus tidak tahan lagi akan gangguan itu, ia berpaling dan berkata kepada roh itu: ”Demi nama Yesus Kristus aku menyuruh engkau keluar dari perempuan ini.” Seketika itu juga keluarlah roh itu.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Apa yang dicari orang? Uang.

Apa yang dicari orang? Uang.

Apa yang dicari orang siang-malam, pagi-petang?

Uang, uang, uang, bukan Tuhan Yesus!


Sobat Teruna, lagu ini ingin mengatakan betapa besar pengaruh uang dalam kehidupan seseorang. Bahkan manusia cenderung mengutamakan keinginan diri sendiri daripada menuruti kehendak Tuhan demi memperoleh uang. Masih ingatkah Sobat Teruna berita viral tentang seorang remaja berusia 15 tahun di Sidoarjo yang tega membakar rumah tetangganya? Untuk top up game online, ia mendatangi rumah tetangganya dan bermaksud mencuri uang. Karena tidak menemukannya, ia lalu membakar rumah itu. Tragis ya?


Sobat Teruna, akibat Rasul Paulus dan Silas mengusir roh tenun dari seorang perempuan, mereka dijebloskan ke dalam penjara. Mengapa? Karena tuan dari hamba perempuan tersebut merasa dirugikan. Dengan pengusiran roh tenun tersebut, sumber penghasilan mereka hilang. Tuan itu kemudian menghasut orang banyak untuk mencelakai Paulus dan Silas. Perbuatan baik Paulus dan Silas mengusir roh jahat seharusnya mendapat pujian, alih-alih mereka malah dipenjara. Semua itu bisa terjadi karena ada pihak yang ingin mendapatkan uang atau keuntungan dari persoalan tersebut.


Sobat Teruna, bagaimanakah kita mengendalikan keinginan, khususnya mendapatkan uang? Berbagai cara dilakukan orang untuk mendapatkan uang. Ada cara yang tidak baik/ tak terpuji dan yang baik/ jujur. Sebagai anak Tuhan, untuk mendapatkan uang harus dilakukan dengan cara yang baik dan tidak merugikan orang lain. Tipe anak Tuhan selalu meminta hikmat-Nya, ketika akan memulai usaha agar Dia yang menuntun. Kehadiran anak Tuhan bagi sesama haruslah mendatangkan damai sejahtera serta berkat dan bukan kecelakaan. Karena itu utamakanlah Tuhan dan kendalikan keinginan! (MM)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Ya Tuhan, tolonglah aku mengendalikan keinginan diri, supaya tidak menjadi orang-orang yang serakah dan jahat terhadap sesama di dalam kehidupan ini.