top of page

MENGHARGAI KEUNIKAN DIRI & SESAMA




 


I Korintus 3 : 10–23


10. Sesuai dengan kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku, aku sebagai seorang ahli bangunan yang cakap telah meletakkan dasar, dan orang lain membangun terus di atasnya. Tetapi tiap-tiap orang harus memperhatikan, bagaimana ia harus membangun di atasnya. 11 Karena tidak ada seorangpun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus.12. Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami,13. sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu.14 Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah.15 Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api. 16 Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? 17 Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu. 18 Janganlah ada orang yang menipu dirinya sendiri. Jika ada di antara kamu yang menyangka dirinya berhikmat menurut dunia ini, biarlah ia menjadi bodoh, supaya ia berhikmat. 19 Karena hikmat dunia ini adalah kebodohan bagi Allah. Sebab ada tertulis: "Ia yang menangkap orang berhikmat dalam kecerdikannya."20 Dan di tempat lain: "Tuhan mengetahui rancangan-rancangan orang berhikmat; sesungguhnya semuanya sia-sia belaka."21 Karena itu janganlah ada orang yang memegahkan dirinya atas manusia, sebab segala sesuatu adalah milikmu:22 baik Paulus, Apolos, maupun Kefas, baik dunia, hidup, maupun mati, baik waktu sekarang, maupun waktu yang akan datang. Semuanya kamu punya. 23 Tetapi kamu adalah milik Kristus dan Kristus adalah milik Allah.



Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 

Ingin mirip artis Korea? Wajah glowing, rambut lurus, dan busana ala Korea. Apa akibatnya? Ada ketidakpuasan dengan yang tidak mirip artis Korea. Entah teman yang rambutnya keriting atau kulit sendiri yang gelap menimbulkan kegalauan. Tidak ada dua manusia yang identik, bahkan kembar identik sekalipun. Semua mahluk ciptaan Tuhan unik. Sebagai orang Kristen kita wajib menghargai keunikan yang Tuhan ciptakan, baik keunikan diri sendiri maupun keunikan orang lain.


Keindahan pengajaran Tuhan Yesus sebagai satu-satunya kehendak Allah yang benar disampaikan oleh Paulus, Apolos dan yang lainya, seharusnya membuat Jemaat Korintus menjadi semakin kaya dalam pemahaman dan makna ajaran Tuhan. Kaya dalam pemahaman dan makna ajaran Tuhan itu akan dapat mengarahkan perilaku hidup mereka seperti yang dikehendaki-Nya, misalnya lebih mengasihi dan peduli kepada sesama. Bukan sebaliknya, saling bersaing tidak sehat dan menganggap orang lain tidak penting atau tidak berarti dalam hidup di persekutuan mereka, sehingga mereka dijauhi dalam pergaulan.


Teman-teman kita di sekolah, lingkungan rumah dan di gereja berbeda dan unik. Kita wajib menghargai keunikan dan perbedaan tersebut. Perbedaan yang dihadirkan Tuhan dalam kehidupan bukan untuk dimusuhi, namun untuk saling melengkapi. Manfaatkan keunikan teman dan diri untuk menciptakan damai sejahtera di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara. JYK



 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Doa : Tuhan tolonglah aku agar kehidupan beribadahku terwujudnyata dalam kehidupanku sehari-hari.

 


bottom of page