MENGHORMATI DAN MENGHARGAI


1 Tesalonika 5 : 12-13

12 Kami minta kepadamu, saudara-saudara, supaya kamu menghormati mereka yang bekerja keras di antara kamu, yang memimpin kamu dalam Tuhan dan yang menegor kamu; 13 dan supaya kamu sungguh-sungguh menjunjung mereka dalam kasih karena pekerjaan mereka. Hiduplah selalu dalam damai seorang dengan yang lain.



Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Sobat Teruna, kita tidak mungkin hidup tanpa orang lain. Hidup bersama itu adalah anugerah Tuhan. Dalam hidup bersama itu kita bisa mengerti arti kehidupan. Kita saling mengasihi, menguatkan, mempedulikan, tolong menolong dan berbagi.


Ketika membaca surat pertama Tesalonika, kita menyadari bahwa situasi yang dihadapi jemaat meresahkan. Di sana ada banyak gangguan. Rasul Paulus mengingatkan orang-orang Kristen di Tesalonika bagaimana mereka harus hidup sebagai komunitas orang percaya atau jemaat Tuhan. Ia mengingatkan jemaat di Tesalonika untuk menghormati mereka yang dipercayakan menjadi pemimpin. Pemimpin dikenal bukan karena jabatan atau gelar yang mereka sandang, tetapi pekerjaan atau pelayanan yang dilakukan dalam jemaat. Pekerjaan pemimpin dalam jemaat seperti gembala terhadap kawanan dombanya. Mereka harus menghargai pemimpin yang memimpin dalam Tuhan, demi kasih dan pekerjaan mereka di tengah jemaat. Pekerjaan mereka adalah pengawasan spiritual, menjaga hidup rohani jemaat. Ini tidak mudah, membutuhkan ketekunan dan kesetiaan, juga kedekatan atau persekutuan dengan Tuhan yang empunya kawanan domba. Pekerjaan mereka adalah pelayanan, suatu pengabdian diri. Karena itu, jemaat harus lebih menghormati dan menghargainya. Dengan begitu kehidupan bersama sebagai komunitas iman atau jemaat akan “selalu dalam damai seorang dengan yang lain.”


Sobat Teruna, mari belajar menghormati dan menghargai mereka yang memimpin kita. Itu bisa berarti orang tua, guru, diaken/penatua/pendeta dan yang lebih tua dari kita, serta lainnya. Menghormati dan menghargai mereka yang memimpin kita harus menjadi sikap teruna Kristen. Mari hidupkan dan tumbuhkan terus sikap menghormati dan menghargai, bukan hanya terhadap mereka yang memimpin kita, tetapi juga kepada siapapun. Dengan sikap itu kita turut membangun hidup bersama dalam damai. (JEK)



Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan, tolong aku menumbuhkan sikap menghormati juga menghargai serta mendoakan mereka yang menjadi pemimpin di tengah keluarga, jemaat, sekolah, bangsa dan negara.