MENGIKUT YESUS KEPUTUSANKU


Markus 1 : 16-20


16 Ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat Simon dan Andreas, saudara Simon. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. 17 Yesus berkata kepada mereka: ”Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” 18 Lalu mereka pun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. 19 Dan setelah Yesus meneruskan perjalanan-Nya sedikit lagi, dilihat-Nya Yakobus, anak Zebedeus, dan Yohanes, saudaranya, sedang membereskan jala di dalam perahu. 20 Yesus segera memanggil mereka dan mereka meninggalkan ayahnya, Zebedeus, di dalam perahu bersama orang-orang upahannya lalu mengikuti Dia.


Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Danau Galilea terletak di bagian Utara lembah Sungai Yordan. Danau ini dikenal sebagai Laut Galilea atau Danau Genesaret. Orang Romawi menyebutnya Danau Tiberias. Sekalipun tidak dalam atau termasuk dangkal dan berair tawar, danau ini dapat dikatakan sebagai sumber mata pencaharian. Hal tersebut karena di dalam danau itu ada banyak ikan. Tak sedikit orang yang menaruh harapan pada hasil tangkapan ikan di danau tersebut, termasuk Simon dan Andreas.


Ketika Yesus berjalan meyusuri danau Galilea, Simon dan Andreas sedang menebarkan jalanya di sana (ayat 16). Yesus mendekati mereka dan mengajak untuk mengikut Dia. Mereka akan dijadikan-Nya sebagai penjala manusia (ayat 17). Mereka pun meninggalkan jalanya dan mengikut Yesus (ayat 18). Hal ini terjadi pula pada Yakobus dan Yohanes saudaranya, ketika sedang membereskan jala di dalam perahu bersama ayah mereka (ayat 19). Yakobus dan Yohanes pun mengikuti Yesus dan meninggalkan ayah mereka di dalam perahu bersama orang-orang upahannya (ayat 20).


Tampak seperti tidak ada hal-hal yang ‘ribet’ atau pikiran yang macam-macam, ya Sobat Teruna, ketika mereka memutuskan untuk mengikut Yesus dan melayani-Nya. Bagaimana dengan kita? Tidak sedikit dari kita yang sering menolak jika diajak untuk terlibat dalam program Pelkat Persekutuan Teruna yang sifatnya melayani Tuhan. Dengan berbagai alasan kita menolak menjadi song leader, pemain musik, pembaca Alkitab ataupun pendoa dalam ibadah. Mari kita mencontoh empat orang murid di atas yang tanpa alasan mau mengikut Yesus dan percaya kepada-Nya. Buatlah keputusan menjadi pengikut Yesus yang setia dan mau melakukan kehendak-Nya sebagaimana syair lagu dalam Kidung Muda-Mudi nomor 127, yang berjudul: “Mengikut Yesus Keputusanku.”(AS)




Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, mohon jadikanlah aku alat-Mu dan pakailahlah seturut kehendak-Mu.