MENGUSAHAKAN YANG BAIK


1 Tesalonika 5 : 15

15 Perhatikanlah, supaya jangan ada orang yang membalas jahat dengan jahat, tetapi usahakanlah senantiasa yang baik, terhadap kamu masing-masing dan terhadap semua orang.



Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Sobat Teruna, bila kita dipukul seseorang, pasti ingin memukulnya kembali. Kita ingin membalas memukul karena mengalami rasa sakit. Rasa sakitnya bukan hanya pada fisik, tapi lebih lagi di hati. Tindakan membalas dilakukan karena didorong oleh rasa sakit itu. Pertanyaannya: setelah kita balas memukul, apakah rasa sakit itu hilang? Tentu tidak. Rasa sakit di hati itu malah bisa melahirkan tindakan-tindakan jahat lainnya. Begitu juga dengan lawan kita.


Rasul Paulus mengingatkan orang Kristen di Teslonika untuk tidak “membalas yang jahat dengan yang jahat.” Mengapa? Mari membaca surat Roma pasal 12:17-19. Lebih lagi, Tuhan Yesus sendiri berkata, “… hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga” (Mat. 5:16). Paulus meyakini bahwa tindakan membalas dendam, jahat dengan jahat, hanya akan merusak diri kita dan orang lain. Bahkan hal itu akan berlanjut dan berkepanjangan, tiada akhirnya, terus-menerus balas-membalas. Karena itu Rasul Paulus meminta agar orang-orang Kristen “… usahakanlah senantiasa yang baik.” Kita melakukan perbuatan yang baik bukan supaya dipandang hebat, dipuji, dianggap suci atau saleh, melainkan karena sudah mengalami kebaikan Tuhan. Coba Sobat Teruna hayati apa yang diungkapkan pemazmur pada Mazmur 103:1-5. Hal yang baik perlu diusahakan terus karena kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita (1Tes.5:23b) semakin mendekat.


Mari Sobat Teruna, kita menyadari, mengingat dan bersyukur atas semua kebaikan Tuhan. Hal itu kita wujudkan dengan mengusahakan senantiasa yang baik bagi orang lain agar banyak yang mengalami kebaikan Tuhan. Mengusahakan yang baik itu bisa dalam bentuk peduli dan berbagi, membantu, memaafkan, mendoakan, dll. (JEK)




Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan, mohon bantulah aku untuk terus mengusahakan yang baik bagi semua orang.