top of page

MENJADI BERKAT BAGI BANGSAKU






 


Yesaya 61 : 1 - 9


1 Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara, 2 untuk memberitakan tahun rahmat TUHAN dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung, 3 untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar, supaya orang menyebutkan mereka "pohon tarbantin kebenaran", "tanaman TUHAN" untuk memperlihatkan keagungan-Nya. 4 Mereka akan membangun reruntuhan yang sudah berabad-abad, dan akan mendirikan kembali tempat-tempat yang sejak dahulu menjadi sunyi; mereka akan membaharui kota-kota yang runtuh, tempat-tempat yang telah turun-temurun menjadi sunyi. 5 Orang-orang luar akan melayani kamu sebagai gembala kambing dombamu, dan orang-orang asing akan bekerja bagimu sebagai petani dan tukang kebun anggurmu. 6 Tetapi kamu akan disebut imam TUHAN dan akan dinamai pelayan Allah kita. Kamu akan menikmati kekayaan bangsa-bangsa dan akan memegahkan diri dengan segala harta benda mereka. 7 Sebagai ganti bahwa kamu mendapat malu dua kali lipat, dan sebagai ganti noda dan ludah yang menjadi bagianmu, kamu akan mendapat warisan dua kali lipat di negerimu dan sukacita abadi akan menjadi kepunyaanmu. 8 Sebab Aku, TUHAN, mencintai hukum, dan membenci perampasan dan kecurangan; Aku akan memberi upahmu dengan tepat, dan akan mengikat perjanjian abadi dengan kamu. 9 Keturunanmu akan terkenal di antara bangsa-bangsa, dan anak cucumu di tengah-tengah suku-suku bangsa, sehingga semua orang yang melihat mereka akan mengakui, bahwa mereka adalah keturunan yang diberkati TUHAN.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Saat dipilih menjadi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), kita pasti akan merasa bangga dan senang meskipun tugas dan tanggungjawabnya tidak mudah. Kehadirannya harus merangkul seluruh siswa di sekolah agar tujuan positif dapat dicapai. Oleh sebab itu, yang dibutuhkan tidak hanya kemauan, melainkan juga kemampuan dan motivasi yang baik serta dukungan dari pengurus yang lain dan anggota. Tanpa dukungan dari semua pihak, maka kepengurusan OSIS tidak akan berjalan dengan maksimal. Demikian juga ketika berbicara mengenai tugas kenabian. Yesaya sebagai seorang nabi tentu membutuhkan pertolongan Tuhan. Pertolongan Tuhan itu ia dapatkan dari Roh TUHAN yang berkuasa di dalam dirinya.


Bacaan Alkitab hari ini merupakan bagian ketiga dari kitab Yesaya yang ditujukan kepada umat Israel yang kembali dari pembuangan di Babel. Nabi Yesaya menceritakan tujuan ia dipanggil oleh Tuhan (ay.1 ). Ia diutus oleh Tuhan untuk menyampaikan kabar baik kepada umat Israel. Kabar baik itu antara lain: 1. Penghiburan kepada umat yang kecewa dan hampir putus asa; 2. Reruntuhan dan kota – kota mereka yang runtuh akan dibaharui kembali; 3. Umat Israel akan memiliki kedudukan yang istimewa sebagai imam TUHAN di antara bangsa –bangsa; 4. Umat Israel akan mendapatkan sukacita abadi; 5. Tuhan akan mengikat perjanjian-Nya dengan Israel; 5. Keturunan mereka akan diberkati Tuhan.


Sobat teruna, kehadiran kita ialah sebagai gereja di tengah bangsa dan negara karena gereja bukanlah gedungnya melainkan kita semua. Sebagai gereja, kita terpanggil untuk memperdengarkan suara kenabian terhadap masalah – masalah yang dihadapi bangsa, negara dan masyarakat kita, Indonesia. Roh Tuhan akan memampukan kita untuk menjadi berkat bagi bangsa ini. Hiduplah di dalam ketaatan kepada kehendak Allah agar kita dapat melaksanakan tugas panggilan kita di manapun kita berada, baik di rumah, di sekolah, serta dalam lingkup pergaulan / pertemanan kita. (MPB)

 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Bapa, ajarlah aku taat kepada-Mu agar dapat menjadi berkat bagi bangsaku.


bottom of page