top of page

MENJADI MOTIVATOR




 


Titus 3 : 3


" 3 Karena dahulu kita juga hidup dalam kejahilan: tidak taat, sesat, menjadi hamba berbagai-bagai nafsu dan keinginan, hidup dalam kejahatan dan kedengkian, keji, saling membenci"


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 

Sobat Teruna, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata “motivator” berarti orang yang menyebabkan/mendorong/menggerakkan timbulnya motivasi pada orang lain untuk melaksanakan sesuatu. Seorang motivator akan berusaha meyakinkan orang lain dengan kemampuan berkomunikasinya yang baik, sehingga mereka percaya dan mau melakukan sesuai yang diminta oleh motivator. Semakin banyak orang yang mau melakukan hal tersebut, maka dia akan dikenal sebagai motivator yang handal. Umumnya, yang disampaikan oleh motivator adalah hal-hal yang positif dan dapat membangun perilaku orang lain menjadi lebih baik.


Rasul Paulus juga meminta Titus untuk mendorong/memotivasi jemaat di Pulau Kreta untuk berubah dari perilaku-perilaku berikut: tidak taat, sesat, menjadi hamba berbagai-bagai nafsu dan keinginan, hidup dalam kejahatan dan kedengkian, keji, saling membenci, diganti menjadi perilaku yang ramah, bersikap lemah lembut dan mengasihi orang lain. Supaya mereka yang benar-benar percaya kepada Allah sungguh berusaha melakukan pekerjaan yang baik dan berguna bagi manusia, dan perubahan ini terjadi kasih karunia Allah dalam hidup mereka.


Sobat Teruna, umumnya seorang motivator akan membagi kata-kata motivasinya berdasarkan pengalaman hidup yang sudah dilaluinya. Bagaimana saat dia berada dalam keadaan yang kurang baik, upaya yang dilakukan serta hasil/penyelesaian atas masalah yang di hadapi, akan dibagikan sehingga memotivasi orang lain yang mungkin memiliki permasalahan yang sama dan membutuhkan nasihat atau masukan dari orang lain untuk mengatasinya. Perhatikan teman-temanmu, baik di sekolah, di gereja atau pun di lingkungan sekitar rumah, apakah ada yang masih memiliki perilaku yang ada di Titus 3 : 3 ? Jika ada, maukah kamu membagikan kata-kata motivasi agar mereka bisa berubah menjadi lebih baik? (VF)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Doa : Tuhan Yesus, terima kasih untuk firman-Mu yang mengajarku menjadi orang yang lebih baik.



Comments


bottom of page