MENJADI PEMBAWA DAMAI SEJAHTERA



 

Kisah Para Rasul 5 : 12-16

12 Dan oleh rasul-rasul diadakan banyak tanda dan mujizat di antara orang banyak. Semua orang percaya selalu berkumpul di Serambi Salomo dalam persekutuan yang erat. 13 Orang-orang lain tidak ada yang berani menggabungkan diri kepada mereka. Namun mereka sangat dihormati orang banyak. 14 Dan makin lama makin bertambahlah jumlah orang yang percaya kepada Tuhan, baik laki-laki maupun perempuan, 15 bahkan mereka membawa orang-orang sakit ke luar, ke jalan raya, dan membaringkannya di atas balai-balai dan tilam, supaya, apabila Petrus lewat, setidak-tidaknya bayangannya mengenai salah seorang dari mereka. 16 Dan juga orang banyak dari kota-kota di sekitar Yerusalem datang berduyun-duyun serta membawa orang-orang yang sakit dan orang-orang yang diganggu roh jahat. Dan mereka semua disembuhkan.

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Siapapun bisa melihat identitas Sobat Teruna sebagai orang Kristen dari perbuatan dan perkataan sehari-hari. Itu juga yang terjadi pada murid-murid Yesus. Mereka dihormati saat berkumpul di Serambi Salomo yang merupakan bagian dari Bait Suci. Karena para murid sungguh-sungguh mempraktekkan ajaran Yesus Kristus dengan penuh ketaatan dan kesetiaan. Kesetiaan murid Yesus mempraktekkan pengajaran-Nya inilah yang membuat banyak orang menjadi pengikut Kristus. Itu karena mereka merasakan damai sejahtera yang dihasilkan dari perbuatan dan perkataan yang sesuai dengan ajaranKristus.


Banyak orang berbondong-bondong ingin mendapatkan kesembuhan dari Tuhan melalui Petrus. Bahkan mereka percaya bahwa bayangan Petrus saja mampu menyembuhkan orang sakit. Di situ juga Petrus diberi kuasa oleh Tuhan untuk menyembuhkan orang yang kerasukan setan. Peristiwa ini menandakan bahwa sikap murid-murid Yesus tidak hanya membuat orang menghormati mereka. Orang lain juga menjadi percaya bahwa Yesus Kristus yang membawa kesembuhan dalam hidup mereka.


Ini menjadi perhatian penting bagi semua Sobat Teruna bahwa Tuhan Yesus ingin supaya kita menunjukkan ketaatan dan kesetiaan dalam melaksanakan pengajaran-Nya. Dengan demikian, identitas sebagai orang Kristen berwujud nyata lewat perbuatan dan perkataan kita. Dengan menyatakan identitas kekristenan secara demikian, Sobat Teruna membawa damai sejahtera bagi orang-orang di sekitar.


Oleh karena itu, hendaknya Sobat Teruna semua sungguh-sungguh mempraktekkan ajaran Yesus Kristus dalam hidup ini. Marilah kita melakukan perbuatan-perbuatan kasih. Baiklah kita mengeluarkan perkataan-perkataan yang jujur, sopan, dan benar. Dengan melakukan itu semua, tentunya Sobat Teruna akan membawa damai sejahtera bagi orang-orang di sekitar. Biarlah semakin banyak jiwa yang mengenal Sobat Teruna sebagai orang Kristen pembawa damai sejahtera Kristus di duniaini. (ASWP)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, mohon berilah aku kekuatan untuk melakukan pengajaran-Mu, supaya damai sejahtera-Mu ya Kristus semakin nyata di sekitarku.