MENJADI PENURUT


1 Yohanes 5 : 1-3


1 Setiap orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga dia yang lahir dari pada-Nya. 2 Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya. 3 Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat,



Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Dalam ibadah syukur kelahiran atau hari ulang tahun anak, biasanya orang tua akan menyampaikan permohonan doa yang penting. Permohonan itu adalah agar anak mereka tumbuh menjadi pribadi yang takut akan Tuhan dan dengar-dengaran pada orang tua. Hal tersebut merupakan salah satu kebahagiaan orang tua. Namun demikian, dalam realitasnya banyak anak-anak yang tidak menurut pada orang tua. Seringkali orang tua baru ngomong satu kata, anak-anak sudah sampai sepuluh kata bahkan dengan sikap melawan. Bagaimana dengan sobat Teruna?


Penulis surat Yohanes memberikan nasihat kepada pembacanya dan kita bagaimana menjadi anak Tuhan yang penurut. Hal terutama yang harus dilakukan adalah mengasihi Tuhan. Kemudian mengasihi orang tua yang telah melahirkan kita. Ketika seseorang bersungguh-sungguh mengasihi Tuhan juga orang tua yang telah melahirkan, maka dia secara sadar dan tanpa beban akan menuruti nasihat. Apa yang menjadi kehendak Tuhan dipatuhi melalui ketaatan pada orang tua. Ketika kasih menjadi dasar, tidak akan ada lagi kewajiban-kewajiban dan tugas-tugas yang dikerjakan sebagai anak Allah yang terasa memberatkan. Orang dimampukan untuk mengasihi karena Tuhan telah terlebih dahulu dan selalu mengasihi.


Sobat Teruna, tidak pernah ada kata terlambat bagi kita untuk belajar membaharui hidup. Jikalau selama ini kita lebih sering mengecewakan Tuhan dan menyakiti hati orang tua dengan tutur kata serta perbuatan yang tidak berkenan kepada-Nya, maka mulai hari ini buatlah komitmen bahwa kita mau menjadi anak-Nya yang penurut. Ingatlah selalu akan kasih-Nya yang besar pada kita. Dengan demikian kita pun akan dipenuhi dengan kasih dan sukacita dalam melakukan apa yang menjadi perintah dan kehendak-Nya. (VEUW)




Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Mohon mampukan aku ya Tuhan agar dapat menjadi anak-Mu yang penurut, yang taat dan setia melakukan apa yang Tuhan kehendaki sehingga melalui hidupku, aku menyenangkan hati-Mu.