top of page

MERDEKA DARI KEEGOISAN!



 

Roma 7 : 13-20

13 Jika demikian, adakah yang baik itu menjadi kematian bagiku? Sekali-kali tidak! Tetapi supaya nyata, bahwa ia adalah dosa, maka dosa mempergunakan yang baik untuk mendatangkan kematian bagiku, supaya oleh perintah itu dosa lebih nyata lagi keadaannya sebagai dosa. 14 Sebab kita tahu, bahwa hukum Taurat adalah rohani, tetapi aku bersifat daging, terjual di bawah kuasa dosa. 15 Sebab apa yang aku perbuat, aku tidak tahu. Karena bukan apa yang aku kehendaki yang aku perbuat, tetapi apa yang aku benci, itulah yang aku perbuat. 16 Jadi jika aku perbuat apa yang tidak aku kehendaki, aku menyetujui, bahwa hukum Taurat itu baik. 17 Kalau demikian bukan aku lagi yang memperbuatnya, tetapi dosa yang ada di dalam aku. 18 Sebab aku tahu, bahwa di dalam aku, yaitu di dalam aku sebagai manusia, tidak ada sesuatu yang baik. Sebab kehendak memang ada di dalam aku, tetapi bukan hal berbuat apa yang baik. 19 Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat. 20 Jadi jika aku berbuat apa yang tidak aku kehendaki, maka bukan lagi aku yang memperbuatnya, tetapi dosa yang diam di dalam aku.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Di masa lalu, para pahlawan telah berjuang mati-matian untuk mengalahkan penjajah yang telah mengendalikan Indonesia dengan cara semena-mena. Atas berkat rahmat Tuhan, akhirnya 76 tahun yang lalu, tepatnya 17 Agustus 1945, para bapak bangsa memproklamirkan kemerdekaan RI. Betapa bersyukurnya kita, sebab hari ini bisa mengalami kebebasan dari kuasa penjajah asing.


Hidup terjajah itu tidak menyenangkan. Kita tidak dapat mengendalikan apa yang diingini, melainkan harus melayani keinginan-keinginan yang bertentangan dengan hati nurani sendiri.


Paulus mengungkapkan bahwa sebenarnya keberadaan seluruh manusia dikuasai dosa. Dosa menjajah pikiran dan perbuatan manusia sehingga sering kali orang cenderung untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang jahat. Bahkan Paulus menyadari bahwa meskipun di pikiran kita tahu dan mau melakukan kebaikan, tetapi sering kali yang dihasilkan adalah perbuatan jahat. Syukurlah Tuhan Yesus telah mengalahkan kuasa dosa.


Di hari kemerdekaan RI saat ini, kita masih bergumul dengan penjajah yang tak terlihat secara kasat mata yaitu Virus Corona. Kita perlu berjuang bersama agar Indonesia segera merdeka dari masa pandemi Covid-19. Masalahnya, banyak orang yang dikuasai dosa keegoisan di masa pandemi. Misalnya banyak teruna yang mulai kembali suka nongkrong bersama teman-teman tanpa menghiraukan protokol kesehatan. Tindakan ini membahayakan diri sendiri dan sesama, termasuk keluarga kita di rumah.


Mari memohon kepada Tuhan Yesus agar kita dimerdekakan dari kuasa dosa keegoisan di masa Pandemi. Sebaliknya, mintalah kemauan dan ketekunan untuk melaksanakan protokol kesehatan demi keselamatan bersama. Ayo dukung Indonesia agar bisa merdeka dari pandemi. Caranya adalah jangan hanya mengetahui apa yang baik untuk mencegah penularan Virus Covid-19, tetapi kita juga harus sungguh-sungguh menerapkannya dengan giat. Merdeka! (BRH)

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, tolong merdekakanlah aku dari keegoisan agar mampu berjuang bagi kebaikan sesama.








Comments


bottom of page