MESKI AKU KUAT, TETAP PERLU TUHAN


Ezra 7: 28b


28b Maka aku menguatkan hatiku, karena tangan Tuhan, Allahku, melindungi aku dan aku menghimpunkan dari antara orang Israel beberapa pemimpin untuk berangkat pulang bersama-sama aku.


Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

Sobat Teruna, bacaan hari ini menyampaikan tentang perjalanan kepulangan Ezra bersama bangsanya ke Yerusalem yang tidak mudah. Ketidakmudahan yang mereka hadapi adalah melakukan persiapan-persiapan untuk membangun tempat peribadahan bagi bangsa Israel secara ‘matang’ dan sungguh-sungguh, bukan yang sekadarnya. Kesungguhan itu ditunjukkan dengan kerjasama yang dilakukan oleh berbagai pihak. Ezra tidak bisa mewujudkan peribadahan di Yerusalem seperti yang tertulis dalam surat yang dikeluarkan oleh Raja Artahsasta, jika dia mempersiapkannya seorang diri.


Dapat dibayangkan kerepotan yang harus dihadapi oleh Ezra dalam menjalankan tugasnya. Meski merasa akan mengalami kerepotan dalam menjalanan tugasnya, Ezra tetap yakin untuk melaksanakannya. Mengapa? Karena Ezra yakin bahwa tangan TUHAN melindunginya. Ada kesan juga bahwa tangan TUHAN yang melindungi Ezra itu pun pada akhirnya memampukannya untuk mengumpulkan beberapa pemimpin yang akan berjalan bersama dengan dia menuju Yerusalem. Keyakinan iman yang dimiliki oleh Ezra inilah yang membuat dirinya mau menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang pemimpin.


Sobat Teruna, firman TUHAN hari ini mengajarkan bahwa masing-masing kita memiliki tugas dan tanggung jawab. Mulai dari tanggung jawab kecil sampai yang besar. Untuk tanggung jawab yang kecil mungkin kita mau menerimanya dengan cepat. Sebaliknya, jika tanggung jawab yang diberikan besar pasti kita menolak. Mengapa? Karena kita merasa tidak mampu untuk mengerjakannya padahal belum mencobanya. Ingatlah, di balik setiap tanggung jawab yang kita terima pasti ada TUHAN yang memampukan untuk melakukannya. Pertolongan TUHAN pasti akan selalu ada dalam setiap usaha kita mewujudkan tanggung jawab yang diterima. Kalau TUHAN melakukannya untuk Ezra maka Dia akan berbuat juga bagi kita yang sungguh-sungguh percaya kepada-Nya. (DH)


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


TUHAN, tolonglah aku untuk bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan sesuai kehendak-Mu dengan meyakini bahwa Engkau selalu menolong mewujudkannya.