MUKJIZAT = AKSI NYATA


Kisah Para Rasul 9 : 32-35


32 Pada waktu itu Petrus berjalan keliling, mengadakan kunjungan ke mana-mana. Dalam perjalanan itu ia singgah juga kepada orang-orang kudus yang di Lida. 33 Di situ didapatinya seorang bernama Eneas, yang telah delapan tahun terbaring di tempat tidur karena lumpuh. 34 Kata Petrus kepadanya: ”Eneas, Yesus Kristus menyembuhkan engkau; bangunlah dan bereskanlah tempat tidurmu!” Seketika itu juga bangunlah orang itu. 35 Semua penduduk Lida dan Saron melihat dia, lalu mereka berbalik kepada Tuhan.


Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Setibanya Petrus di Lida (Ibrani Lod), Petrus bertemu dengan Eneas yang lumpuh dan terbaring di tempat tidur selama delapan tahun. Kepadanya Petrus mengatakan bahwa Tuhan Yesus Kristus menyembuhkannya dan menyuruhnya untuk bangun serta membereskan tempat tidurnya. Seketika itu juga, Eneas sembuh dan orang banyak yang menyaksikannya kembali kepada Tuhan.


Sobat Teruna, jika ditelusuri dengan seksama, permasalahan yang dihadapi oleh Eneas bukan hanya lumpuh, tetapi dia telah kehilangan harapannya untuk sembuh. Penyakit yang menggerogoti tubuhnya membuat dia tidak mampu melakukan apa pun. Bila kita ada pada posisi Eneas, apa yang paling diharapkan? Pastinya mukjizat!


Mukjizat itu tidak datang begitu saja. Perhatikan tahapannya. Pertama, Petrus dengan lantang mengatakan, “Yesus Kristus menyembuhkanmu.” Perkataan Petrus berkuasa ketika dia menyebutkan nama Yesus Kristus. Artinya, Petrus mengakui kemahakuasaan Kristus. Kedua, pengakuan Petrus ini diikuti tindakan atau reaksi Eneas yang langsung bangun. Artinya, sekalipun dalam perkataannya, Petrus mengakui kekuasaan Kristus untuk menyembuhkan tetapi jika Eneas tidak mau percaya dan menganggapnya angin lalu, pasti mukjizat itu tak akan terjadi.


Sobat Teruna, sekalipun di mulut kita mengakui kemahakuasaan Tuhan Yesus, tetapi jika kemudian hanya mengasihani diri dan tidak melakukan apapun juga, maka mukjizat tidak akan pernah terjadi. Mukjizat akan terjadi jikalau kita menjadi rekan sekerja Kristus, yang mengakui kemahakuasaan-Nya. Lalu diikuti dengan tindakan nyata penuh kepercayaan bahwa kita pasti mampu melakukannya dan bertindak. Jadi, akuilah kuasa Kristus dan bersemangatlah! (EJRZ)



Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, aku bersedia menjadi rekan sekerja-Mu untuk menyatakan bahwa mukjizat itu nyata. Mohon layakkan dan mampukan aku, ya Tuhan.