MULAILAH DARI SENYUMAN!


Yesaya 59 : 18-19


18 Sesuai dengan perbuatan-perbuatan orang, demikianlah Ia memberi pembalasan:

kehangatan murka kepada lawan-lawan-Nya, ganjaran kepada musuh-musuh-Nya;

bahkan kepada pulau-pulau yang jauh Ia memberi ganjaran.

19 Maka orang akan takut kepada nama Tuhan di tempat matahari terbenam

dan kepada kemuliaan-Nya di tempat matahari terbit,

sebab Ia akan datang seperti arus dari tempat yang sempit,

yang didorong oleh nafas Tuhan.



Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Keadilan sering kali dilambangkan dengan simbol timbangan yang sejajar. Setiap berat barang yang diletakan pada satu sisi timbangan harus sesuai dengan berat di sisi lainnya. Dengan demikian disebut seimbang dan adil.

Tuhan itu Maha Adil. Yesaya menunjukan itu dalam bacaan firman Tuhan saat ini. Keadilan Tuhan ditunjukkan dengan memberikan pembalasan sesuai dengan perbuatan umat-Nya. Ayat 18, Tuhan akan memberikan balasan berupa murka, hukuman dan ganjaran kepada setiap orang yang melakukan hal jahat. Ayat 19, Tuhan memberikan berkat kehidupan kepada setiap orang yang melakukan kehendak-Nya. Setiap orang yang melawan Tuhan, menjadi musuh-Nya, bukan sahabat-Nya, maka akan mendapatkan hukuman. Sebaliknya, mereka yang takut – tunduk, hormat dan melakukan kehendak Tuhan, hidupnya dari terbit sampai terbenamnya matahari mendapat perlindungan dari-Nya. Hal ini tentunya bukan disampaikan kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Tuhan, tetapi untuk umat-Nya sendiri yang hidup di luar kehendak-Nya. Apalagi umat-Nya menggunakan topeng ritual agama, namun perbuatannya masih melanggar apa yang Tuhan perintahkan. Kepada orang-orang yang demikian, Tuhan akan memmberikan penghukuman.


Sobat Teruna, Tuhan mengasihi kita. Kita sudah menerima berkat hidup melalui kebangkitan Yesus Kristus. Jadi sudah seharusnya kita hidup sesuai apa yang diperintahkan Tuhan. Nafas hidup, kesehatan, kekuatan, materi, keluarga pun asalnya dari Tuhan. Marilah kita hidup sesuai kehendak Tuhan. Biarlah itu dilakukan sebagai ungkapan syukur kepada-Nya yang telah lebih dahulu menunjukan kasih-Nya kepada kita. Kita bisa melakukan kebaikan dengan langkah kecil misalnya tersenyum. Satu senyuman bisa membuat kita bahagia. Bahkan orang lain yang melihat kita akan tersenyum. Mulailah dari senyuman! Sudah berapa banyak orang yang kita berikan senyuman terbaik hari ini? (EP)





Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan tolong mampukan aku untuk melakukan kasih bukan hanya untuk menerima berkat, tetapi sebagai pernyataan syukur atas semua yang sudah Engkau anugerahkan dalam hidup ini.