top of page

NASIHAT KEHIDUPAN



 


1 Petrus 2 : 11-17


11 Saudara-saudaraku yang kekasih, aku menasihati kamu, supaya sebagai pendatang dan perantau, kamu menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa. 12 Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka.

13 Tunduklah, karena Allah, kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi, 14 maupun kepada wali-wali yang diutusnya untuk menghukum orang-orang yang berbuat jahat dan menghormati orang-orang yang berbuat baik. 15 Sebab inilah kehendak Allah, yaitu supaya dengan berbuat baik kamu membungkamkan kepicikan orang-orang yang bodoh. 16 Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah. 17 Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!



Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.



 


Sebuah lagu populer “Fight Song” mengatakan, “...take back my life song, prove I'm alright song... starting right now I'll be strong, I'll play my fight song, ... cause I've still got a lot of fight left in me” (Rachel Platten, 2015). Memang setiap orang harus berjuang selama hidupnya.


Sobat Teruna, jemaat yang dilayani Petrus juga berjuang di perantauan. Mereka hidup dalam masyarakat yang tidak mengenal Tuhan. Rasul Petrus menasihati agar mereka menjauhkan diri dari keinginan daging. Sob, apa saja sih yang dimaksud dengan keinginan daging? Baca yuuuk di Galatia 5:19-21. Nah, setelah membaca, terlihat bahwa keinginan daging sangat menggoda. Pengikut Kristus juga harus berjuang dan jangan malah mendekati pencobaan. Kejatuhan dalam kedagingan sangat besar pengaruhnya. Mereka diminta memiliki cara hidup yang baik, tunduk kepada lembaga buatan manusia dan tidak menyalahgunakan karunia Allah. Dengan cara itulah mereka membungkam fitnah. Inilah perjuangan yang mulia dan bermakna kekal selama hidup di dunia.


Kita merupakan perantau di dunia ini, sampai pada hari Tuhan melawat umat-Nya. Sobat Teruna, kita dapat mengaplikasikan nasihat ini dengan cara menjaga pergaulan, menjauhi godaan pornografi, disiplin belajar, melaksanakan peraturan dan memelihara

ketertiban di sekolah dan di gereja. Tantangan kita tidak bisa dipandang enteng, misalnya dalam menghadapi pesatnya dunia maya saat ini. Ingatlah bahwa Tuhan selalu bersama kita. Kita juga dikelilingi oleh pribadi-pribadi yang mendoakan dan mengawasi pertumbuhan perkembangan jasmani dan rohani kita.


Hari ini, dalam semangat kasih dan hormat, marilah kita mainkan lagu kehidupan yang sesuai kehendak Allah. Mari kita pelihara nasihat Firman Tuhan di sepanjang kehidupan sambil memuji dan memuliakan nama-Nya. (NPB/lls)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Yesus, aku ingin memuliakan-Mu dengan hidup sesuai kehendak-Mu, juga dalam budi bahasa dan ketaatanku



bottom of page