NATAL DAN SILSILAH YESUS KRISTUS


Matius 1: 1-17

1 Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. 2 Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya, 3 Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram, 4 Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon, 5 Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai, 6 Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria, 7 Salomo memperanakkan Rehabeam, Rehabeam memperanakkan Abia, Abia memperanakkan Asa, 8 Asa memperanakkan Yosafat, Yosafat memperanakkan Yoram, Yoram memperanakkan Uzia, 9 Uzia memperanakkan Yotam, Yotam memperanakkan Ahas, Ahas memperanakkan Hizkia, 10 Hizkia memperanakkan Manasye, Manasye memperanakkan Amon, Amon memperanakkan Yosia, 11 Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel. 12 Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel, 13 Zerubabel memperanakkan Abihud, Abihud memperanakkan Elyakim, Elyakim memperanakkan Azor, 14 Azor memperanakkan Zadok, Zadok memperanakkan Akhim, Akhim memperanakkan Eliud, 15 Eliud memperanakkan Eleazar, Eleazar memperanakkan Matan, Matan memperanakkan Yakub, 16 Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.

17 Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Selamat Hari Natal Sobat Teruna. Setiap tanggal 25 Desember, umat Kristiani merayakan natal (kelahiran) Yesus Kristus. Namun demikian, sangat jarang membahas silsilah (catatan yang menggambarkan hubungan keluarga) Yesus Kristus di dunia. Apakah itu penting? Jelas dong. Kalau tidak penting, untuk apa Rasul Matius mencantumkannya dalam Kitab Injil yang ditulisnya. Apalagi ditulisnya sampai empat puluh dua keturunan (ay.17). Apakah Sobat Teruna bisa menuliskan garis keturunan diri sendiri sampai urutan ke empat puluh dua di atas kita?


Kitab Injil Matius ditulis dan ditujukan secara khusus pada masa itu untuk menghadapi kelompok masyarakat Yahudi yang sangat membanggakan diri sebagai keturunan Abraham dan Raja Daud. Mereka mempertanyakan asal usul Yesus Kristus yang kehadiran dan karya-Nya begitu menggemparkan dunia saat itu. Mereka masih belum yakin bahwa Yesus Kristus adalah Mesias yang diutus Allah. Para murid Yesus, khususnya Matius kemudian menuliskan secara rinci asal-usul Yesus Kristus dari sisi kemanusiaan-Nya. Yesus Kristus adalah keturunan Abraham dan Raja Daud. Lebih dari itu, Yesus Kristus adalah Anak Allah yang Mahatinggi. Karena itu proses natal-Nya very special, yaitu melalui karya Roh Kudus.


Sobat Teruna, siapa saja kita yang sudah ‘lahir baru’ karena iman percaya kepada Yesus Kristus adalah anak Allah yang Mahatinggi. Ingatlah bahwa identitas rohani ini kita peroleh karena pengorbanan Tuhan Yesus Kristus yang rela merendahkan diri datang ke dunia dan menjadi juruselamat. Why? Because, we are very special for Him. Karena itu tidak ada yang lebih spesial pada hari natal ini selain menyadari dan mensyukuri kasih Kristus yang indah. Mari giat memberitakan kasih Kristus kepada semua angkatan yang kita jumpai. (YRLJ)


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, kemanusiaan-Mu dan keilahian-Mu sungguh istimewa, tetapi Engkau begitu rendah hati. Tolong ajari aku untuk bisa meneladani-Mu dan memberitakan kasih-Mu sebagai ungkapan syukurku kepada-Mu, dan Allah Bapa, serta Roh Kudus.


© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon