top of page

NEW YEAR’S COMMITMENT: BE THE LIGHT!



 

Yohanes 3 : 18-19

18 Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah. 19 Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Awal tahun 2017, Dufan menghadirkan wahana baru bernama Conjuring House yang merupakan sebuah rumah tanpa cahaya, gelap gulita dan diisi berbagai manusia yang berperan sebagai hantu. Bayangkan kalau kita masuk ke dalamnya. Dengan cahaya yang sangat minim, kita bisa menabrak berbagai benda bahkan terperangkap bersama para hantu. Mengerikan ya.


Sobat Teruna, kegelapan memang mengerikan. Sehari tanpa cahaya membuat kita tak berdaya. Kita tidak lagi bisa membedakan mana arah yang benar dan yang salah. Semua menjadi sama. Begitu pun kalau kita menjauh dari terang. Tidak semua orang menyukai terang. Orang yang melakukan kejahatan, pasti menyembunyikan diri. Persembunyian yang paling pas adalah kegelapan. Lalu lama kelamaan, mereka menikmati kegelapan dan menjadi tidak berdaya.


Firman Allah hari ini menyatakan bahwa barang siapa yang percaya kepada Terang, tidak akan dihukum dan barangsiapa tidak percaya, mereka telah berada di bawah hukuman. Terang itu adalah Yesus Kristus, Anak Tunggal Allah. Di dalam terang, semua menjadi kelihatan. Begitu pun apabila kita ada di dalam Yesus Kristus. Ia menunjukkan secara jelas arah yang harus kita lalui. Ia menunjukkan secara jelas borok-borok yang ada di dalam tubuh kita.


Sobat, kita pun harus menjadi terang bagi yang masih dalam kegelapan. Masuklah ke dalam lorong-lorong kegelapan. Temuilah mereka yang sedang terpapar di dalamnya. Berikan terang itu kepada mereka. Beritakan kepada mereka bahwa Yesus Kristus adalah Terang. Masih ada kesempatan untuk melakukannya. Masih ada 357 hari lagi ke depan. Jangan sampai ada penyesalan, ketika mengakhiri tahun kita ternyata tidak menjalankan fungsi sebagai terang. Bahkan mungkin kita tetap menikmati kegelapan. Bertobatlah. Jadilah terang! (LLS)

 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Mohon pakailah aku, ya Allah, untuk menerangi mereka yang berada di dalam kegelapan. Tangan-Mu yang terus kupegang, sehingga Engkau menuntun dan menerangi jalanku.

Comments


bottom of page