top of page

NYAMUK MATI GAGAL TAK LEPAS






 


Kolose 3 : 12 - 14


12 Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran. 13 Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian. 14 Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 

Sabat Teruna, ada peribahasa "Nyamuk mati gatal tak lepas", artinya ketika seseorang yang masih memiliki dendam kepada seseorang meskipun orang tersebut telah diberikan hukuman yang setimpal. Jika demikian apa yang harus kita lakukan jika kita telah disakiti oleh orang lain? Firman TUHAN mengajak semua orang percaya untuk tidak membalas kejahatan dengan kejahatan, tetapi dengan kebaikan (1 Tes. 5:15). Sedangkan dalam 1 Pet. 3 :9, kita diajak untuk memberkati orang yang berbuat jahat.


Sobat Teruna, Paulus mengajak jemaat di Kolose untuk hidup penuh belas kasihan; artinya jemaat mudah mengampuni dan melupakan kesalahan orang lain. Sikap ini dilengkapi juga dengan kemurahan, kerendahan hati, kelemah lembutan dan kesabaran. lnilah ciri manusia baru, yaitu manusia yang siap melakukan kebaikan kapan pun, dimanapun dan dalam situasi apapun. Dalam persekutuan, kita akan bertemu dengan berbagai macam tipe dan karakter; ada yang menyenangkan ada juga yang menyebalkan; ada yang tulus ada juga yang tidak tulus; ada yang baik ada juga yang jahat. Paulus menyadari bahwa sekalipun jemaat telah mengaku percaya kepada Yesus, namun hal meneladani Kristus tetap membutuhkan waktu yang panjang. Untuk itu Paulus mengajak untuk setiap orang menahan diri dari amarah dan terus bersabar atas perkembangan dan pertumbuhan Iman antara yang satu dengan yang lain, saling mengampuni atas kesalahan dan kelemahan yang dimiliki orang lain.


Sobat Teruna, semua bisa dilakukan jika meneladani kasih Yesus Kristus. Bukankah Kasih-Nya memperdamaikanmu dengan Bapa di Sorga? Marilah menebar kasih sehingga kedamaian terus bersemi di dalam kehidupan kita. (DAB)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, bentuklah kami menjadi pribadi yang mudah mengampuni kesalahan sesama, seperti Kristus yang terlebih dahulu mengampuni kesalahan kami.








Comments


bottom of page