top of page

NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU!



 

Mazmur 96 : 1-6

1 Nyanyikanlah nyanyian baru bagi Tuhan,

menyanyilah bagi Tuhan, hai segenap bumi!

2 Menyanyilah bagi Tuhan, pujilah nama-Nya,

kabarkanlah keselamatan yang dari pada-Nya dari hari ke hari.

3 Ceritakanlah kemuliaan-Nya di antara bangsa-bangsa

dan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib di antara segala suku bangsa.

4 Sebab Tuhan maha besar dan terpuji sangat,

Ia lebih dahsyat dari pada segala allah.

5 Sebab segala allah bangsa-bangsa adalah hampa,

tetapi Tuhanlah yang menjadikan langit.

6 Keagungan dan semarak ada di hadapan-Nya,

kekuatan dan kehormatan ada di tempat kudus-Nya.




Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, sebuah nyanyian bukan sekadar alunan nada dan rangkaian kata-kata yang dibuat seindah mungkin. Sebuah nyanyian lahir dari inspirasi akan sebuah pengalaman yang amat berkesan. Nyanyian menjadi cara membagikan pengalaman yang berkesan itu kepada setiap pendengar sehingga mereka pun dapat mengalami pengalaman tesebut.


Mazmur yang menjadi bahan bacaan dan perenungan saat ini, mengajak kita untuk menyanyikan nyanyian baru. Nyanyian baru yang dimaksud adalah pujian yang mengungkapkan sukacita karena mengalami peristiwa yang menghadirkan kegembiraan. Inspirasi nyanyian baru itu adalah karya keselamatan Tuhan yang terus berlaku dalam kehidupan umat-Nya dari hari ke hari. Perbuatan Tuhan menjadi kesaksian iman bahwa tidak ada allah lain yang patut disembah selain Tuhan itu sendiri. Di dalam iman Kristen, karya kuasa Tuhan yang menyelamatkan itu mewujud dalam karya kebangkitan Yesus Kristus yang menaklukkan maut. Di dalam Yesus kemudian ada janji keselamatan yang sejati. Dalam masa raya adventus, kita terus menantikan penggenapan janji keselamatan itu, ketika Yesus Kristus akan datang kembali menghadirkan langit baru dan bumi yang baru.


Sobat Teruna, ajakan untuk menyanyikan nyanyian baru, tidaklah harus kita pahami secara lahiriah, yaitu bernyanyi. Ajakan itu bermaksud agar nyanyian baru itu wujudnya adalah cara hidup kita yang memperlihatkan sukacita iman karena mengalami karya keselamatan Tuhan Yesus Kristus. Kesan yang indah akan kebaikan Tuhan Yesus, kita nyatakan melalui perbuatan kasih yang taat dan setia pada hukum dan aturan-Nya. Dengan demikian, setiap orang yang dapat kita ‘sentuh’ melalui perbuatan-perbuatan nyata yang mencerminkan kasih Kristus, juga bisa turut memuliakan dan mengagungkan nama Tuhan Yesus.Ayo Sobat Teruna, kita lakukan sekarang! (SLS)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Tuhan Yesus, tolong mampukanlah diriku menjadi pelaku kebenaran firman-Mu, sehingga perbuatanku menjadi sebuah simfoni indah yang memuliakan nama-Mu.


Comments


bottom of page