top of page

"OPERASI"



 

Amos 9 : 11-13


11 "Pada hari itu Aku akan mendirikan kembali pondok Daud yang telah roboh; Aku akan menutup pecahan dindingnya, dan akan mendirikan kembali reruntuhannya; Aku akan membangunnya kembali seperti di zaman dahulu kala,12 supaya mereka menguasai sisa-sisa bangsa Edom dan segala bangsa yang Kusebut milik-Ku," demikianlah firman TUHAN yang melakukan hal ini.13 "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman TUHAN, "bahwa pembajak akan tepat menyusul penuai dan pengirik buah anggur penabur benih; gunung-gunung akan meniriskan anggur baru dan segala bukit akan kebanjiran.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, operasi adalah salah satu tindakan pengobatan dokter dengan membedah, contohpasien tumor saraf tulang belakang. Dokter harus berhati-hati, supaya pengangkatan tumor di saraf ini tidak menganggu fungsi saraf lain. Proses pembedahantumor, mengangkatnyakemudian menutup kembali dengan jahitan menjadi tindakan penting karena menyangkut keselamatan nyawa seseorang.


Kitab Amos mengungkap kondisi Israel yang tengah sakitkarena dipenuhi kejahatan moral dan spiritual sehingga harus ada tindakan dari Allah supaya umat Israel tidak binasa. Tindakan Allah itu nyata, dengan menghalau semua yang jahat dan memulihkan sisa-sisa Israel. Pemulihan yang dilakukan Allah mencakup semua aspek kehidupan umat, bahkan mengembalikan kejayaan mereka atas bangsa lain. Karya Allah atas Israel menunjukkan kedaulatan mutlak, bahwa Allah yang memiliki dan yang membentuk umatsupaya hidup seturut kehendak-Nya. Hanya Allah yang dapat menghukum dan memulihkan kehidupan Israel, bangsa yang berharga dihadapan-Nya.


Sobat Teruna, sakit yang dibahas dalam perenungan kita, tentu bukan sakit secara fisik. Sakit yang dimaksud adalah sakit secara moral dan spiritual. Kehidupan yang dijalani itu sudah diwarnai bahkan dikuasai dosa, sehingga setiap perilaku hanya mendukakan hati Tuhan. Mari renungkan kehidupan kita, apakah kita pun ada dalam kondisi sakit? Apakah perilaku hidup kita menyakiti Tuhan? Bagaimana sikap kita kepada orangtua, teman dan guru? Bagaimana kita berperilaku saat tidak ada orang disekitar kita?

Firman Tuhan menyapa kita bahwa pemulihan hanya dapat kita peroleh dari Tuhan. Maka buka hati dan seluruh keberadaan kita dihadapan-Nya. Mungkin Tuhan akan melakukan tindakan dengan “mengoperasi” hati kita, tapi ingat Tuhan juga yang akan memulihkan karena kehidupan kita selalu berharga dimata Tuhan. (FAEL)

 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Doa: Ya Tuhan, biarlah pemulihan-Mu mengubah hidupku menjadi baru.


Comments


bottom of page