top of page

ORANG MUDA YANG BERINTEGRITAS




 


Titus 2 : 7 - 8


" 7 dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu, 8 sehat dan tidak bercela dalam pemberitaanmu sehingga lawan menjadi malu, karena tidak ada hal-hal buruk yang dapat mereka sebarkan tentang kita."


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 

Sobat Teruna, melanjutkan pembacaan Alkitab kemarin, hari ini Rasul Paulus mengharapkan orang-orang muda (para remaja dan pemuda) untuk membangun nilai-nilai positif seperti:


1. Menjadi teladan dalam berbuat kebaikan

2. Jujur dalam perkataan

3. Bersungguh-sungguh dalam pengajaran

4. Menjaga kesehatan jasmani

5. Tidak bercela dalam pemberitaan


Dari nasihat Rasul Paulus di atas, orang-orang muda harus membangun kesatuan sikap antara perkataan dan perbuatan/tingkah laku, atau dengan kata lain: melakukan apa yang diperkatakan (walk the talk). Hal ini sejalan dengan sebuah istilah yang kita kenal, yaitu “Integritas”. Menurut Wikipedia.org, kata Integritas berasal dari Bahasa Latin, yaitu “integer” yang berarti utuh dan lengkap, yang didefinisikan menjadi sebuah sifat atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan kejujuran. Sama seperti nilai-nilai keluarga lainnya, integritas perlu dibangun sejak dini. Terlatih dalam melakukan apa yang diperkatakan, akan membuat seseorang dapat dipercaya atau diandalkan.


Sobat Teruna, pelayanan yang dilakukan oleh orang-orang muda yang berintegritas dan dapat dipercaya/diandalkan akan lebih efektif karena semua pengajaran yang disampaikan akan diterima dengan baik oleh orang-orang yang mendengarnya. Memang tidak mudah, namun jika kita terus melengkapi diri maka hal ini dapat mempercepat tercapainya visi masa depan. Orang muda yang berintegritas, tidak perlu orangtua, guru atau kakak layan yang mengawasi. Karena dengan sendirinya kita akan taat pada ajaran agama. Orang muda yang berintegritas akan menjadikan kejujuran sebagai modal utama dalam pergaulan. Orang muda yang berintegritas menjadikan dirinya sebagai surat Kristus yang terbuka, bahwa melalui dirinya orang mengenal Kristus. Latihlah dirimu agar mempunyai nilai-nilai tersebut di atas. (VF)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Doa : Tuhan Yesus, bantu aku menjadi orang muda yang berintegritas dan dapat dipercaya. Biarlah Roh-Mu yang kudus terus mengingatkanku untuk berkata jujur.



Comentários


bottom of page