P.U.S.H.


Matius 7 : 7-11

7 ”Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. 8 Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. 9 Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, 10 atau memberi ular, jika ia meminta ikan? 11 Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974,2018.


Apakah Sobat Teruna pernah membaca singkatan ini di medsos? Atau bahkan Sobat Teruna pernah menaruhnya di laman IG atau WA pribadi? Ya, betul, singkatan ini kepanjangan dari Pray Until Something Happen yang berarti “Berdoalah Sampai Sesuatu Terjadi.” Tidak diketahui dengan pasti siapa yang membuat singkatan ini. Intinya singkatan ini mau menekankan agar kita terus berdoa dan TUHAN pasti akan menjawab pada waktu-Nya.


TUHAN Yesus juga menekankan hal yang sama tentang berdoa! Ada 3(tiga) kata kerja yang ditemukan pada ayat 7, yaitu minta, cari dan ketok. Ketiga kata kerja ini memiliki 1 (satu) poin yang sama yaitu tekun mengupayakan untuk mendapatkan sesuatu. Dalam hal berdoa, TUHAN Yesus mengajarkan bahwa ketika seseorang melakukannya dengan sungguh-sungguh, maka Bapa PASTI akan menjawab doa itu. Lalu pada ayat 8, ada dua poin, yaitu doa bisa dilakukan siapa pun dan TUHAN akan memberi kepada siapa saja yang meminta kepada-Nya. Kemudian pada ayat 9-10, mau menekankan bahwa TUHAN akan memberi apa yang baik dan tepat bagi mereka yang meminta kepada-Nya.


Nah Sobat Teruna, di hari Minggu ini, kita belajar 1 (satu) gaya hidup orang percaya, yaitu tekun berdoa. Mari praktekkan doa dalam kehidupan kita setiap hari mulai saat bangun tidur, sebelum dan selesai makan maupun belajar, mau bepergian, juga waktu hendak tidur. Berdoalah saat sedih atau memiliki masalah, ketika ingin “curhat.” Berdoalah juga waktu sedang senang untuk besyukur kepada Tuhan dan sebagainya. Ketika Sobat Teruna berdoa, percayalah bahwa TUHAN mendengar dan Dia akan menjawab. Pasti jawaban TUHAN adalah yang terbaik bagi kita. Selamat hari Minggu! TUHAN Yesus Memberkati! (MCLH)


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, terimakasih untuk pembelajaran hari ini. Kiranya tekun berdoa terus kupraktekkan dalam kehidupan setiap hari.