PASKAH KRISTUS MENGHADIRKAN SPIRIT BARU


Roma 6 : 1-4


1 Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya semakin bertambah kasih karunia itu? 2 Sekali-kali tidak! Bukankah kita telah mati bagi dosa, bagaimanakah kita masih dapat hidup di dalamnya? 3 Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? 4 Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.



Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Sobat Teruna yang beriman, Desmond Mpilo Tutu, lahir tahun 1931 di Transvaal dari keluarga yang beriman. Tahun 1984, Uskup Desmond Tutu menerima hadiah Nobel perdamaian karena perlawanannya terhadap rezim apartheid di Afrika Selatan. Bagi Tutu, ada harapan dalam iman bahwa bahkan orang yang telah melakukan kejahatan yang sangat besar sekalipun mampu untuk berubah. Hal ini dapat dicapai hanya dalam kebenaran bukan dengan beragam peraturan negara.


Keyakinan bahwa semua orang memiliki kesempatan untuk berubah adalah sikap percaya yang mengubahkan kondisi yang tidak baik menjadi baik. Keyakinan ini hadir dalam bacaan Roma 6:1–4. Bacaan Alkitab ini menegaskan bahwa kemenangan kebangkitan Kristus membawa kehidupan baru. Dosa tidak lagi menguasai. Sebab kita telah mati bagi dosa. Kekuasaan dosa telah berakhir. Yang terjadi adalah kebangkitan Kristus karena kemuliaan Bapa telah membawa orang percaya pada kehidupan yang baru. Inilah kebenaran itu.


Sobat teruna yang beriman, hidup baru karena Paskah Kristus adalah Kebenaran yang perlu diyakini. Kebangkitan Kristus mengubahkan sang pendosa yang telah mati karena upah dosa adalah maut¸ kini memiliki kesempatan untuk hidup baru. Ia hidup dalam nilai-nilai yang baik. Nilai-nilai itu membuat hidup menjadi sarat makna. Inilah spirit atau semangat baru itu, yaitu bersikap jujur, berkata benar, bertanggungjawab, sedia menjadi teladan dalam tiap tindakan. Spirit baru dalam hidup baru karena Paskah Kristus adalah anugerah terindah bagi kita. Mari kita rawat dan kembangkan nilai-nilai kebenaran itu, sehingga kemenangan kebangkitan Kristus yang membawa kehidupan baru dapat diberitakan serta diterima oleh dunia. (CIYS)




Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Ya Kristus yang bangkit, tolonglah aku hidup dalam kehidupan baru karena kebangkitan-Mu. Tolong pulihkan hidupku dan mampukanlah untuk tetap peduli pada nilai-nilai kemanusiaan justru di masa-masa yang sulit ini.