PASKAH KRISTUS MENYATAKAN KASIH KARUNIA DAN PEMBENARAN


Roma 5 : 12-17


12 Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa. 13 Sebab sebelum hukum Taurat ada, telah ada dosa di dunia. Tetapi dosa itu tidak diperhitungkan kalau tidak ada hukum Taurat. 14 Sungguhpun demikian maut telah berkuasa dari zaman Adam sampai kepada zaman Musa juga atas mereka, yang tidak berbuat dosa dengan cara yang sama seperti yang telah dibuat oleh Adam, yang adalah gambaran Dia yang akan datang. 15 Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus. 16 Dan kasih karunia tidak berimbangan dengan dosa satu orang. Sebab penghakiman atas satu pelanggaran itu telah mengakibatkan penghukuman, tetapi penganugerahan karunia atas banyak pelanggaran itu mengakibatkan pembenaran. 17 Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.



Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Sobat Teruna yang beriman, saat terjadi pandemi Covid-19, banyak orang yang menghubungkan situasi ini dengan keberdosaan manusia dalam dunia. Seakan pandemi Covid-19 menjadi hukuman Tuhan atas dosa manusia. Namun demikian kita diingatkan bahwa Tuhan yang kita sembah adalah Sang Pemelihara kehidupan. Tuhan pasti menjaga kehidupan ciptaan-Nya. Tuhan menghukum karena dosa. Tuhan memulihkan karena kasih-Nya.


Menurut bacaan Roma 5:12-17 dijelaskan bahwa karena satu orang yaitu Adam, dosa telah masuk ke dalam dunia dan berakibat maut. Maut telah berkuasa dari zaman Adam sampai Musa. Artinya maut telah ada sejak zaman Adam jatuh dalam dosa sampai penyelamatan umat Israel dari tanah perbudakan Mesir oleh TUHAN melalui Musa. Namun demikian, Paulus menegaskan bahwa kasih karunia TUHAN sangat dahsyat melalui Yesus Kristus. Pengorbanan Yesus di kayu salib juga kebangkitan-Nya menjadi anugerah keselamatan bagi dunia dan siapa pun yang percaya pada-Nya. Oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa, tetapi mereka yang telah menerima kasih karunia dan pembenaran akan hidup dan berkuasa oleh karena Yesus Kristus.


Sobat Teruna yang beriman, mana yang hendak kita pilih? Apakah hidup dalam dosa karena Adam? Apakah hidup dalam kasih karunia dan anugerah pembenaran karena Yesus Kristus? Mari dengan keyakinan, kita memilih untuk menerima kasih karunia dan pembenaran dalam Yesus Kristus. Pengorbanan Kristus di kayu salib dan peristiwa Paskah telah menyatakan kasih karunia serta pembenaran bagi kita. Jadi jangan takut dan miliki itu di masa pandemi ini. Peliharalah iman ini dalam sikap yang tekun berdoa, berpegang pada firman Tuhan dan tetap memberlakukan protokol kesehatan. (CIYS)




Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Ya Kristus yang bangkit, tolonglah aku untuk menghargai kasih karunia dan pembenaran yang telah Engkau nyatakan. Mohon mampukan aku untuk menyatakannya dalam nilai-nilai kemanusiaan justru di masa-masa yang sulit ini.