top of page

PASTI ADA SOLUSI


 

Kejadian 47 : 13-20

13 Di seluruh negeri itu tidak ada makanan, sebab kelaparan itu sangat hebat, sehingga seisi tanah Mesir dan tanah Kanaan lemah lesu karena kelaparan itu. 14 Maka Yusuf mengumpulkan segala uang yang terdapat di tanah Mesir dan di tanah Kanaan, yakni uang pembayar gandum yang dibeli mereka; dan Yusuf membawa uang itu ke dalam istana Firaun. 15 Setelah habis uang di tanah Mesir dan di tanah Kanaan, datanglah semua orang Mesir menghadap Yusuf serta berkata: ”Berilah makanan kepada kami! Mengapa kami harus mati di depanmu? Sebab tidak ada lagi uang.” 16 Jawab Yusuf: ”Jika tidak ada lagi uang, berilah ternakmu, maka aku akan memberi makanan kepadamu sebagai ganti ternakmu itu.” 17 Lalu mereka membawa ternaknya kepada Yusuf dan Yusuf memberi makanan kepada mereka ganti kuda, kumpulan kambing domba dan kumpulan lembu sapi dan keledainya, jadi disediakannyalah bagi mereka makanan ganti segala ternaknya pada tahun itu. 18 Setelah lewat tahun itu, datanglah mereka kepadanya, pada tahun yang kedua, serta berkata kepadanya: ”Tidak usah kami sembunyikan kepada tuanku, bahwa setelah uang kami habis dan setelah kumpulan ternak kami menjadi milik tuanku, tidaklah ada lagi yang tinggal yang dapat kami serahkan kepada tuanku selain badan kami dan tanah kami. 19 Mengapa kami harus mati di depan matamu, baik kami maupun tanah kami? Belilah kami dan tanah kami sebagai ganti makanan, maka kami dengan tanah kami akan menjadi hamba kepada Firaun. Berikanlah benih, supaya kami hidup dan jangan mati, dan supaya tanah itu jangan menjadi tandus.” 20 Lalu Yusuf membeli segala tanah orang Mesir untuk Firaun, sebab orang Mesir itu masing-masing menjual ladangnya, karena berat kelaparan itu menimpa mereka. Demikianlah negeri itu menjadi milik Firaun.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974,2018.

 


Sobat Teruna, tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan! Hanya biasanya, karena ego atau perasaan seseorang atau “baper(bawa perasaan), maka permasalahan di dalam hubungan pertemanan sulit untuk dicarikan solusinya. Sobat Teruna tentu pernah mengalaminya, yaitu perselisihan dengan kawan yang lama atau sulit untuk baik kembali hubungannya. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita belajar dari firman Tuhan. Alkitab mengajarkan di dalam Tuhan pasti ada solusi.


Saat kelaparan makin menjadi parah, masyarakat datang pada Yusuf. Mereka meminta makanan pada Yusuf. Mengapa? Karena semua uang sudah habis dikumpulkan di Istana Firaun. Ternyata, di Istana pun uang sudah habis. Yusuf meminta semua orang untuk membawa ternak kepadanya. Setelah dikumpulkan, Yusuf memberi mereka makanan. Ternyata situasi dan kondisi tetap sulit bahkan keadaan kala itu semakin parah, sehingga Yusuf meminta masyarakat menyerahkan diri dan tanah mereka untuk memperoleh bahan makanan dari istana Firaun guna bertahan hidup. Yusuf kemudian memberikan mereka bahan makanan yang diperlukan dan benih untuk bercocok-tanam agar tanah tidak menjadi tandus.


Sobat Teruna, semua masalah ada solusinya. Bahkan di saat persoalan bertambah rumit tetap ada solusinya. Dari cerita Alkitab ini, ada pelajaran yang penting yaitu mari selalu berkomunikasi. Sampaikan dan utarakan setiap keluhan yang ada. Jangan ragu untuk mengatakan hal-hal yang ada dalam hati. Sampaikan masalah kepada orang yang tepat: Papa-Mama, Bapak dan Ibu Guru, Pendeta atau Kakak Layan. Jangan biarkan masalah menjadi berlarut-larut sehingga mengganggu hubungan pertemanan, memperkeruh keadaan di sekolah maupun di rumah dan lain-lain. Bersikaplah rendah hati dan berdoalah memohon hikmat Tuhan. Percayalah, kita pasti memperoleh solusi yang terbaik. (YR)



 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Ya Tuhan Sumber Kehidupan, aku bersyukur atas penyertaan-Mu hingga hari di akhir pekan ini. Engkaulah Sobat Sejati bagiku. Tolong ajar aku untuk terus berserah pada-Mu, karena di dalam Engkau ada solusi terbaik.








Comments


bottom of page