top of page

PEMERINTAH NEGARA



 

Roma 13 : 1-5


1 Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah. 2 Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya. 3 Sebab jika seorang berbuat baik, ia tidak usah takut kepada pemerintah, hanya jika ia berbuat jahat. Maukah kamu hidup tanpa takut terhadap pemerintah? Perbuatlah apa yang baik dan kamu akan beroleh pujian dari padanya. 4 Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat. 5 Sebab itu perlu kita menaklukkan diri, bukan saja oleh karena kemurkaan Allah, tetapi juga oleh karena suara hati kita.




Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, secara sederhana politik berarti segala sesuatu yang berkaitan dengan pemerintahan suatu negara, baik itu tentang keputusan-keputusan pemerintah, hubungan antara satu negara dengan negara lain, kebijakan-kebijakan pemerintah, dan berbagai hal yang dilakukan dan diurus oleh pemerintah. Sebagai Teruna, mungkin pengetahuan politik kita hanya sebatas nama presiden ataupun nama menteri. Lalu bagaimana dengan permintaan Rasul Paulus tentang sikap yang baik terhadap pemerintahan dan bagaimana kita sebagai Teruna melakukannya?


Nasihat Rasul Paulus tentang menghormati pemerintah, khususnya Kekaisaran Roma, adalah untuk membuat jemaat di Roma aman. Aman dalam hal apa? Pertama, aman dalam hal tidak dianggap pembuat onar. Jemaat di Roma adalah orang-orang yang tidak disukai oleh Kekaisaran Roma. Hal ini karena setiap pengikut Kristus dianggap meneruskan ajaran Kristus tentang mewujudkan Kerajaan Allah. Kekaisaran Romawi berpikir Kerajaan Allah akan mengalahkan Kekaisaran Romawi. Mereka takut kalah sehingga memburu setiap orang Kristen dan membunuh mereka. Nah, agar aman maka janganlah jemaat di Roma membuat hal-hal yang aneh sehingga tidak perlu diburu dan ditangkap lagi. Kedua, aman dalam hal bahwa pemerintah adalah cara Allah untuk memberikan kebaikan. Kebaikan dicapai dengan usaha pemerintah mengatur segala sesuatunya dengan baik. Rasul Paulus meminta jemaat di Roma menghormati pemerintah untuk menghargai usaha dan kerja keras pemerintah dalam menghadirkan kebaikan serta mengamankan diri mereka agar tidak terus menjadi kelompok yang sering diburu dan ditangkap pemerintah.


Lalu bagaimana dengan kita? Rasul Paulus meminta kita untuk mendukung pemerintah dalam doa. Kita mendoakan pemerintah kita agar mereka bekerja dengan baik. Kita berdoa agar pemerintah berusaha menghadirkan dan menciptakan kebaikan. SS


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:

Berkatilah dan mampukan pemerintah negara ku ya Tuhan.

Comentarios


bottom of page