top of page

PEMIMPIN YANG DIKUATKAN TUHAN



 


Hagai 2:1-6



1 dalam bulan yang ketujuh, pada tanggal dua puluh satu bulan itu, datanglah firman TUHAN dengan perantaraan nabi Hagai, bunyinya: 2 "Katakanlah kepada Zerubabel bin Sealtiel, bupati Yehuda, dan kepada Yosua bin Yozadak, imam besar, dan kepada selebihnya dari bangsa itu, demikian: 3 Masih adakah di antara kamu yang telah melihat Rumah ini dalam kemegahannya semula? Dan bagaimanakah kamu lihat keadaannya sekarang? Bukankah keadaannya di matamu seperti tidak ada artinya? 4 Tetapi sekarang, kuatkanlah hatimu, hai Zerubabel, demikianlah firman TUHAN; kuatkanlah hatimu, hai Yosua bin Yozadak, imam besar; kuatkanlah hatimu, hai segala rakyat negeri, demikianlah firman TUHAN; bekerjalah, sebab Aku ini menyertai kamu, demikianlah firman TUHAN semesta alam, 5 sesuai dengan janji yang telah Kuikat dengan kamu pada waktu kamu keluar dari Mesir. Dan Roh-Ku tetap tinggal di tengah-tengahmu. Janganlah takut! 6 Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam: Sedikit waktu lagi maka Aku akan menggoncangkan langit dan bumi, laut dan darat;


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Saat bersemangat melakukan sesuatu yang baik, mungkin tidak jarang Sobat Teruna alami di tengahnya atau bahkan saat barumemulai datang masalah yang tak diduga. Bisa jadi masalah itu tidak hanya menghambat, namun selanjutnya mematahkan semangat bahkan menghentikan upaya kita. Bagaimana jika ini terjadi pada kita sebagai pemimpin? Sedangkan kita sudah belajar bagaimana diri kita turut mempengaruhi sekitar kita.


Bait Suci diperkirakan dibangun pada tahun 951 SM.Sekitar 370 tahun kemudian yaitu pada tahun 587 SM Bait Suci dihancurkan oleh Babel. Sekitar 50 tahun kemudian orang-orang Yahudi yang telah pulang dari pembuangan di Babel diijinkan membangunnya kembali. Namun pembangunan terhenti karena beberapa kendala situasi keamanan dan keuangan. Setelah hampir 20 tahun berlalu Bait Suci masih belum jugaberdiri kembali. Dengan perantaraan Nabi Hagai, Allah mendorong dan menguatkan Zerubabel dan Yosua, para pemimpin pada saat itu, serta rakyatnya untuk melanjutkan pembangunan kembali Bait Suci dengan janji bahwa Allah akan menyertai mereka (baca ayat 5-6).


Sobat Teruna, konsisten melakukan sesuatu yang baik dan benar tidaklah mudah, namun di masa remaja ini adalah hal penting yang perlu dilatih dan diperkuat agar terbangun diri pribadi dewasa yang kuat secara rohani dan karakter. Diri kita juga disebut Bait Allah, tempat Allah berkenan hadir dan tinggal serta me-raja (memerintah sebagai raja)dalam hidup kita. Berilah diri Sobat Teruna sebagai pemimpin yang terus dikuatkan oleh Tuhan, direstorasi (dipulihkan) dan diperbaharui dari waktu ke waktu dengan Firman-Nya. Niscaya oleh kuasa Roh Kudus maka “Bait Allah” diri kita semakin terbangun indah dan memuliakan nama-Nya. OKT


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


"Ya Tuhan, sungguh aku percaya, kekuatan sejati hanya dapat kuperoleh dari Engkau, Allah Sang Pencipta dan Pemilik tubuh, jiwa dan roh-ku. Kuatkanlah aku senantiasa agar konsisten melakukan perintah-Mu."


Comments


bottom of page