top of page

PEMIMPIN YANG VISIONER






 


Titus 1 : 1 - 4


1 Dari Paulus, hamba Allah dan rasul Yesus Kristus untuk memelihara iman orang-orang pilihan Allah dan pengetahuan akan kebenaran seperti yang nampak dalam ibadah kita, 2 dan berdasarkan pengharapan akan hidup yang kekal yang sebelum permulaan zaman sudah dijanjikan oleh Allah yang tidak berdusta , 3 dan yang pada waktu yang dikehendaki-Nya telah menyatakan firman-Nya dalam pemberitaan Injil yang telah dipercayakan kepadaku sesuai dengan perintah Allah, Juruselamat kita. 4 Kepada Titus, anakku yang sah menurut iman kita bersama: kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus, Juruselamat kita, menyertai engkau.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 

Sobat Teruna, satu minggu ke depan, kita akan belajar sebuah gaya kepemimpinan, yaitu “Pemimpin yang Visioner” dari tokoh-tokoh Alkitab yang ada di Kitab Titus. Apa arti kata visioner? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata visioner berarti orang yang memiliki khayalan atau wawasan ke depan.

Mengutip salah satu definisi pemimpin yang visioner yang dimuat oleh Glints.com (yang juga dilansir dari The Balance Careers) adalah gaya kepemimpinan yang melihat visi ke depan dan mengambil langkah untuk mewujudkannya. Dari definisi tersebut, penting untuk mempunyai visi yang menjadi arah atau tujuan bersama. Pesan yang Tuhan Yesus berikan kepada murid-murid-Nya dalam Matius 28 : 19-20 dan Kisah Para Rasul 1 : 8, yang kita kenal dengan “Amanat Agung” menjadi visi yang memberi arah dan tujuan bagi para murid melakukan penginjilan ke berbagai wilayah agar semakin banyak orang yang mendengar dan percaya kepada Yesus Kristus memperoleh keselamatan dan hidup yang kekal di sorga. Perjalanan visi ini juga dilakukan oleh Rasul Paulus, Titus dan teman-temannya ke Asia Kecil dan Yunani. Buah dari perjalanan penginjilan ini, tumbuh jemaat-jemaat di tiap kota yang mereka datangi, salah satunya jemaat di Pulau Kreta.

Sobat Teruna, meski masih tergolong berusia muda, kita juga adalah seorang pemimpin, selain menjadi teladan yang baik bagi adik-adik (di keluarga, di gereja, di masyarakat), kita juga diharapkan dapat memimpin diri sendiri untuk mempunyai visi di masa depan serta membuat rencana untuk mewujudkan visi tersebut. Sudahkah Sobat Teruna tahu, apa yang menjadi visi pribadimu? Jika belum, ambillah waktu untuk memikirkan dan membuat rencananya. (vf)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


"Tuhan Yesus, mohon hikmat-Mu agar aku dapat merencanakan masa depanku, seturut dengan kehendak-Mu."



Comments


bottom of page