PENGAMPUNAN YANG MEMULIHKAN


Hosea 2 : 13-14


13 ”Sebab itu, sesungguhnya, Aku ini akan membujuk dia, dan membawa dia ke padang gurun, dan berbicara menenangkan hatinya.

14 Aku akan memberikan kepadanya kebun anggurnya dari sana, dan membuat lembah Akhor menjadi pintu pengharapan. Maka dia akan merelakan diri di sana seperti pada masa mudanya, seperti pada waktu dia berangkat keluar dari tanah Mesir.



Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Sobat Teruna, lirik lagu rohani dalam Gita Bakti 45 menyatakan “dosamu dihapuskan, jadi putih dan bersih, meskipun merah bak kirmizi, kan diputihkan.” Lagi ini mau menggambarkan bahwa Allah dengan kasih-Nya selalu mau mengampuni kesalahan anak-anak-Nya, sejahat apa pun. Bagi Allah selalu ada pengampunan, bagi anak-anak-Nya yang mau mengakui dosanya dan kembali setia kepada-Nya.


Pengampunan dan pemulihan juga diberikan Allah bagi umat-Nya, bangsa Israel yang mau kembali pada-Nya dan meninggalkan kesalahan-kesalahannya. Allah akan membawa kembali umat-Nya untuk menjadi bangsa yang taat dan setia kepada-Nya. Allah akan mengingatkan bangsa Israel bahwa Ia tetap mengasihi, memelihara bahkan memberkati mereka. Hubungan manis yang telah terjalin antara Allah dengan bangsa Israel akan diangkat kembali. Padang gurun menjadi tempat yang sepi, yang ada hanya Allah dan umat-Nya, tidak lagi diganggu oleh para Baal. Tindakan Allah untuk menyelamatkan umat-Nya tidak sampai di situ, Ia juga akan melimpahkan berkat-Nya kembali. Lembah Akhor yang merupakan tempat penghukuman karena kesalahan kepada Allah akan dijadikan sebagai tempat pengharapan. Bangsa Israel akan kembali menjadi umat Allah yang setia kepada-Nya.


Sobat Teruna, kita mempunyai Allah yang selalu mengasihi kita. Kasih-Nya tidak terbatas bagi setiap anak-anak-Nya yang mau berharap pada-Nya. Bila kita telah melakukan kesalahan, janganlah keraskan hati. Marilah kita meminta ampun pada-Nya. Allah selalu menanti kita untuk datang kembali pada-Nya. Lalu dengan kasih-Nya yang besar itu, Allah mengampuni segala kesalahan kita. Allah kembali menyayangi kita. Pengampunan Allah memulihkan kita. Marilah nyatakan syukur kita kepada Allah dengan berkomitmen tidak mau melakukan lagi dosa. Mari kita senantiasa memohon bimbingan dan kekuatan Allah untuk melaksanakan komitmen itu. (EPSPM)




Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhanku, aku bersyukur atas kasih-Mu dalam hidupku. Mohon ampunilah dosa-dosaku dan jadikanlah aku selalu taat dan setia kepada-Mu.