top of page

PENGETAHUAN DARI DAN UNTUK TUHAN



 


Amsal 1:1-7



1 Amsal-amsal Salomo bin Daud, raja Israel, 2 untuk mengetahui hikmat dan didikan, untuk mengerti kata-kata yang bermakna, 3 untuk menerima didikan yang menjadikan pandai, serta kebenaran, keadilan dan kejujuran, 4 untuk memberikan kecerdasan kepada orang yang tak berpengalaman, dan pengetahuan serta kebijaksanaan kepada orang muda – 5 baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan – 6 untuk mengerti amsal dan ibarat, perkataan dan teka-teki orang bijak. 7 Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan



Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.



 


Sobat Teruna, siapa yang tidak mau menjadi anak yang cerdas? Tentu semua mau cerdas dan punya pengetahuan tentang banyak hal. Kecerdasan dimaksud bukan sekedar intelektual tetapi juga cerdas dalam menjalankan hidup. Artinya, punya pengetahuan yang menunjang hidup baik dan benar sesuai dengan kehendak Tuhan.


Kitab Amsal disebut sebagai tulisan Salomo (ayat 1). la menuliskannya berdasarkan apa yang ia alami. Bacaan hari ini merupakan pengantar untuk masuk keseluruhan kitab Amsal. Penting bagi Salomo untuk menuliskan bahwa_ pengetahuan/kecerdasan

bersumber dari Tuhan (ayat 7). Salomo hendak menyampaikan bahwa Tuhanlah sumber pengetahuan, sehingga yang ingin memiliki pengetahuan harus hidup takut akan Tuhan. Bukan takut seperti melihat atau merasakan sesuatu yang menyeramkan atau menyakitkan ya, tapi ini tentang menghormati, menyembah, dan takjub pada Tuhan. Salomo berbicara tentang pengetahuan, bukan hanya secara intelektual saja, lebih dari itu, yakni dipakai untuk hidup dalam kebenaran, kejujuran, keadilan, dan menuntun kita hidup sesuai kehendak Tuhan. Dengan takut akan Tuhan maka Sobat Teruna mempergunakan pengetahuan dan kecerdasan untuk melakukan kasih, menopang orang lain, hidup jujur, dan lainnya sesuai dengan kehendak Tuhan.


Sobat Teruna yang dikasihi Tuhan, memiliki kecerdasan tetapi tidak digunakan untuk sesuatu yang berguna adalah hal yang sia-sia. Ayo! Pergunakan kecerdasan dan pengetahuan kita untuk membantu orang lain, misalnya mengajarkan kakek dan nenek menggunakan teknologi untuk beribadah secara daring maupun belajar bersama teman untuk menghadapi ujian dengan baik, serta hal-hal lainnya yang menjadi berkat bagi sesama untuk kemuliaan Tuhan. Selamat menjadi berkat. (EEP/es)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan ajarkan aku takut akan Tuhan sehingga pengetahuan yang kumiliki dapat kugunakan sesuai kehendakMu






Comments


bottom of page