PENJAGA


 

Mazmur 121 : 1-8


1 Nyanyian ziarah.

Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung;

dari manakah akan datang pertolonganku?

2 Pertolonganku ialah dari Tuhan,

yang menjadikan langit dan bumi.

3 Ia takkan membiarkan kakimu goyah,

Penjagamu tidak akan terlelap.

4 Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur

Penjaga Israel.

5 Tuhanlah Penjagamu,

Tuhanlah naunganmu

di sebelah tangan kananmu.

6 Matahari tidak menyakiti engkau pada waktu siang,

atau bulan pada waktu malam.

7 Tuhan akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan;

Ia akan menjaga nyawamu.

8 Tuhan akan menjaga keluar masukmu,

dari sekarang sampai selama-lamanya.



Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


 


Sobat Teruna, pernahkah kita berbincang-bincang dengan seorang satpam? Satpam adalah sebuah singkatan dari satuan pengaman. Tugas seorang satpam adalah menjaga keamanan. Menjaga keamanan bukanlah pekerjaan yang mudah. Seorang satpam tidak boleh lengah dan harus selalu mengawasi sesuatu yang dia jaga. Ia harus berjaga-jaga dan waspada terhadap pencuri maupun perampok.

Sobat Teruna, firman Tuhan saat ini merupakan suatu nyanyian ziarah bagi umat Israel. Nyanyian ziarah artinya suatu pujian untuk penguatan para peziarah di Israel. Penguatan karena Israel adalah bangsa yang seringkali berpindah-pindah. Mereka selalu berada dalam bahaya terutama saat kembali dari pembuangan di Mesir dan Babel. Untuk menenangkan hati mereka dari rasa takut akan bahaya, orang-orang Israel menyanyikan Mazmur 121. Bagi orang Israel, mereka tidak takut akan bahaya saat berjalan dalam gelapnya malam atau panasnya siang hari (Mzm. 121:6). Umat Israel percaya bahwa Tuhan adalah penjaga mereka (Mzm. 121:5). Perjalanan jauh yang dilakukan untuk sampai ke tujuan akan aman, karena Tuhan menjaga nyawa mereka (Mzm. 121:7).


Sobat Teruna, melalui penjelasan firman di atas kita mengetahui bahwa Tuhan juga mempunyai tugas yang mirip satuan pengamanan. Tuhan menjaga Bangsa Israel karena Dia mengikat perjanjian dengan mereka. Namun demikian, perjanjian itu diperbarui dalam Yesus Kristus untuk semua orang, termasuk bagi sobat Teruna. Tuhan menjaga orang-orang yang mengasihi-Nya. Ia melindungi nyawa setiap orang yang berpegang pada perintah-Nya. Sobat Teruna tentu mempunyai banyak tantangan dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun rumah. Jangan takut atau pun gentar karena kita mempunyai Penjaga hebat yang selalu menyertai. (BASEI)






 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan, terima kasih atas firman-Mu. Tuhan, aku memohon perlindungan-Mu untuk segala hal yang kukerjakan. Aku percaya bahwa Tuhan selalu besertaku.