top of page

“PERBUATAN KECIL BERDAMPAK BESAR”



 

2 Korinstus 8 : 10 - 12


10 Inilah pendapatku tentang hal itu, yang mungkin berfaedah bagimu. Memang sudah sejak tahun yang lalu kamu mulai melaksanakannya dan mengambil keputusan untuk menyelesaikannya juga. 11 Maka sekarang, selesaikan jugalah pelaksanaannya itu! Hendaklah pelaksanaannya sepadan dengan kerelaanmu, dan lakukanlah itu dengan apa yang ada padamu. 12 Sebab jika kamu rela untuk memberi, maka pemberianmu akan diterima, kalau pemberianmu itu berdasarkan apa yang ada padamu, bukan berdasarkan apa yang tidak ada padamu.




Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sekecil apapun perbuatan baik, akan selalu berdampak besar. Titus sudah memulai perbuatan baiknya di tengah jemaat Korintus, karena itu harus kembali ke sana untuk menyelesaikan pekerjaan baik itu, karena akan berdampak terhadap dirinya, jemaat Korintus, juga jemaat di Yerusalem.


Sobat teruna, Li Huanmei seorang petugas kebersihan Rumah Sakit di Tiongkok, pada tahun 2001 telah menemukan seorang bayi yang dibuang. Oleh rasa ibanya ia membawa pulang dan merawat bayi tersebut, sekalipun ternyata bayi itu mengidap penyakit yang cukup parah, sehingga untuk minum air susu saja tidak bisa. Meskipun keluarganya telah menyarankan untuk tidak melanjutkan perawatan atas bayi tersebut tapi Huanmei bersama suaminya tetap bertekad untuk merawatnya. Belasan tahun berlangsung bayi bernama Likun tetap dirawat walau kondisinya tidak menunjukkan perubahan berarti. Namun demikian Huanmei dan suaminya telah menunjukkan kasihnya tanpa menyerah.


Sobat teruna, jika saja kita adalah orang-orang yang selalu berpikir bahwa hidup ini selalu beruntung, maka ada banyak kisah tentang orang-orang yang tidak beruntung di luar sana. Memang banyak orang yang tidak seberuntung kita, tetapi kalau saja ada orang-orang yang tidak menyerah untuk menolong mereka, maka mereka akan merasakan sedikit keberuntungan yang berdampak besar bagi hidupnya.


Titus dan sahabat-sahabat di jemaat Korintus akan menjadi orang-orang yang meneruskan kasih Allah bagi mereka yang sedang menantikan pertolongan. Bisa jadi bantuan yang mereka berikan tidak banyak tetapi itu akan sangat berarti. Bersiaplah kali ini untuk melakukan atau meneruskan perbuatan baik kita hari ini. Sedikit bantuan tetap akan berdampak besar, jangan pernah surutkan langkah.



 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Tuhan ada teman-temanku yang perlu ditolong, jadikanlah aku alat-Mu untuk meneruskan kasih-Mu bagi mereka.


Comments


bottom of page