PERBUATAN YANG AJAIB


Mazmur 107 : 17-22


17 Ada orang-orang menjadi sakit oleh sebab kelakuan mereka yang berdosa,

dan disiksa oleh sebab kesalahan-kesalahan mereka;

18 mereka muak terhadap segala makanan

dan mereka sudah sampai pada pintu gerbang maut.

19 Maka berseru-serulah mereka kepada Tuhan dalam kesesakan mereka,

dan diselamatkan-Nya mereka dari kecemasan mereka,

20 disampaikan-Nya firman-Nya dan disembuhkan-Nya mereka,

diluputkan-Nya mereka dari liang kubur.

21 Biarlah mereka bersyukur kepada Tuhan karena kasih setia-Nya,

karena perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib terhadap anak-anak manusia.

22 Biarlah mereka mempersembahkan korban syukur,

dan menceritakan pekerjaan-pekerjaan-Nya dengan sorak-sorai!



Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Sobat Teruna, setiap orang menginginkan suatu hasil yang baik. Contohnya, ketika ingin mendapatkan prestasi di sekolah, maka kita berusaha untuk belajar dengan tekun. Namun demikian, kita tidak jarang menemukan hasil yang baik dengan cara yang tidak baik. Contohnya, lulus dalam suatu ujian adalah hasil yang baik, tapi cara yang dipakai adalah dengan menyontek. Nah, saat ini kita perlu untuk merenungkan kembali perbuatan-perbuatan untuk mencapai hasil yang baik. Apakah kita melakukan hal-hal yang sesuai dengan kehendak Tuhan ataukah sebaliknya?


Sobat Teruna, bacaan Alkitab saat ini menjelaskan tentang bagaimana Tuhan menyelamatkan orang-orang Israel dari perbuatan-perbuatan mereka yang salah. Mereka menjalani hidup dengan melakukan kesalahan-kesalahan (Mzm. 107:17). Saat jatuh dalam keadaan yang sulit, mereka baru sadar telah berada jauh dari Tuhan. Mereka berseru kepada Tuhan (Mzm. 107:19). Tuhan itu panjang sabar dan berlimpah kasih. Tuhan mendengar jeritan hati mereka dan menyelamatkan. Mereka bersyukur karena keselamatan yang datang dari Tuhan merupakan suatu perbuatan yang ajaib (Mzm. 107:21).


Sobat Teruna, mengapa perbuatan Tuhan adalah perbuatan yang ajaib? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ajaib berarti sesuatu yang aneh atau sesuatu yang jarang ada. Namun, perbuatan yang ajaib itu sesungguhnya adalah sesuatu yang biasa bagi Tuhan. Tuhan itu benar dan baik, maka perbuatan-Nya adalah benar dan baik. Itu akan terlihat ajaib bagi manusia yang sudah terbiasa hidup dengan berbuat hal yang tidak benar dan tak baik. Karena itu, kita perlu untuk melatih diri dengan memohon pertolongan Tuhan, selalu melakukan yang baik dan benar. Mari memulainya dari sekarang. Setuju kan, sobat Teruna? (BASEI)






Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan, terima kasih untuk firman-Mu. Tuhan, mohon ajarlah aku untuk melakukan hal-hal yang baik dan benar seperti yang Engkau lakukan. Tolong kuatkanlah hatiku, meski aku masih muda, Tuhan.