top of page

PERCAYA DAN BERTINDAK !






 


Kisah para rasul 16 : 13-15


13. Pada hari Sabat kami ke luar pintu gerbang kota. Kami menyusur tepi sungai dan menemukan tempat sembahyang Yahudi, yang sudah kami duga ada di situ; setelah duduk, kami berbicara kepada perempuan-perempuan yang ada berkumpul di situ.

14. Seorang dari perempuan-perempuan itu yang bernama Lidia turut mendengarkan. Ia seorang penjual kain ungu dari kota Tiatira, yang beribadah kepada Allah. Tuhan membuka hatinya, sehingga ia memperhatikan apa yang dikatakan oleh Paulus.

15. Sesudah ia dibaptis bersama-sama dengan seisi rumahnya, ia mengajak kami, katanya: ”Jika kamu berpendapat, bahwa aku sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan, marilah menumpang di rumahku.” Ia mendesak sampai kami menerimanya.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 

Milka adalah seorang remaja Kristen. Sejak kecil ia dibaptis dan sangat taat kepada Tuhan. Ia sangat tekun beribadah dalam ibadah hari Minggu Persekutuan Teruna. Tidak hanya rajin ke IHMPT, ia juga tekun menolong orang tuanya dalam berjualan untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari. Dari kisah ini kita melihat bahwa iman Milka tidak hanya sebatas ritual / peribadahan saja, tetapi ia juga membuktikan imannya dengan tindakan yang bermanfaat untuk sesama.


Dalam bacaan Alkitab hari ini, Paulus berada di kota Filipi. Di sana ia memberitakan Injil sehingga seorang perempuan yang bernama Lidia yang berasal dari kota Tiatira, menjadi percaya dan dibaptis. Saat itu rasul Paulus dan kawannya membutuhkan tumpangan tempat tinggal. Lidia menawarkan rumahnya bagi Paulus dan kawan – kawannya untuk tinggal. Bagi Lidia, kesungguhan imannya kepada Tuhan dibuktikan dengan menolong rasul Tuhan yang saat itu membutuhkan tumpangan. Lidia menunjukkan imannya dengan kasih yang nyata kepada sesama.


Sobat teruna, ada pepatah yang mengatakan “pohon dikenal dari buahnya, manusia dikenal dari perbuatannya”. Jati diri kita sebagai teruna Kristen dapat dikenal dari perbuatan sehari – hari. Kita tidak hanya bangga disebut pengikut Kristus, tetapi juga mau memuliakan Kristus lewat kata dan tindakan kita. Mari kita menjadi teruna yang ringan tangan dalam menolong sesama, supaya Tuhan dimuliakan. Seperti penggalan lagu Mars Teruna GPIB : “terus maju dan berkarya ‘tuk g’reja, bangsa, dan negara. Hormat, patuh pada ayah bunda. Cinta pada sesama.” MPB



 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


“Ya Kristus, tolonglah kami agar perbuatan kami senantiasa memuliakan nama-Mu.”



Comments


bottom of page