top of page

PERCAYA SAJA!



 

Yosua 3:1-8

1 Yosua bangun pagi-pagi, lalu ia dan semua orang Israel berangkat dari Sitim, dan sampailah mereka ke sungai Yordan, maka bermalamlah mereka di sana, sebelum menyeberang. 2 Setelah lewat tiga hari, para pengatur pasukan menjalani seluruh perkemahan, 3 dan memberi perintah kepada bangsa itu, katanya: ”Segera sesudah kamu melihat tabut perjanjian Tuhan, Allahmu, yang diangkat para imam, yang memang suku Lewi, maka kamu harus juga berangkat dari tempatmu dan mengikutinya – 4 hanya antara kamu dan tabut itu harus ada jarak kira-kira dua ribu hasta panjangnya, janganlah mendekatinya – maksudnya supaya kamu mengetahui jalan yang harus kamu tempuh, sebab jalan itu belum pernah kamu lalui dahulu.” 5 Berkatalah Yosua kepada bangsa itu: ”Kuduskanlah dirimu, sebab besok Tuhan akan melakukan perbuatan yang ajaib di antara kamu.” 6 Dan kepada para imam itu Yosua berkata, demikian: ”Angkatlah tabut perjanjian dan menyeberanglah di depan bangsa itu.” Maka mereka mengangkat tabut perjanjian dan berjalan di depan bangsa itu.

7 Dan Tuhan berfirman kepada Yosua: ”Pada hari inilah Aku mulai membesarkan namamu di mata seluruh orang Israel, supaya mereka tahu, bahwa seperti dahulu Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau. 8 Maka kauperintahkanlah kepada para imam pengangkat tabut perjanjian itu, demikian: Setelah kamu sampai ke tepi air sungai Yordan, haruslah kamu tetap berdiri di sungai Yordan itu.”

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Tinggal sedikit lagi bangsa Israel akan tiba di tanah yang dijanjikan Allah. Perjalanan panjang dari tanah Mesir dan berlangsung selama bertahun-tahun akhirnya akan berakhir. Namun menduduki tanah Kanaan bukanlah hal yang mudah. Mereka harus menyeberangi sungai Yordan, dan di sana sudah ada beberapa bangsa yang tinggal, di antaranya adalah orang Het, orang Hewi, orang Girgasi, orang Amori dan orang Yebus (Yos. 3:10). Melihat situasi ini, bangsa Israel masih perlu berjuang untuk dapat menduduki tanah Kanaan. Untuk itu, Yosua telah mengutus dua orang pengintai untuk mengamati lebih dahulu keadaan di seberang sungai Yordan. Kedua pengintai itu kembali dengan kabar baik. Dengan yakin, mereka mengatakan, “TUHAN telah menyerahkan seluruh negeri ini ke dalam tangan kita bahkan seluruh penduduk negeri itu gemetar menghadapi kita” (Yos. 2:24). Bangsa Israel pun bersiap diri untuk menyeberangi sungai Yordan. Dengan keyakinan yang teguh, Yosua berkata kepada bangsa Israel agar mereka bersiap-siap dengan menguduskan diri mereka karena Allah akan melakukan perbuatan yang ajaib.


Sobat Teruna, kita sering kali diperhadapkan dengan berbagai tantangan yang begitu besar. Sering kali, kita merasa bahwa apa yang kita hadapi adalah persoalan yang sangat besar dan bahkan melebihi kemampuan kita. Rasanya mustahil bagi kita untuk dapat melaluinya. Belajar dari Yosua, ia menaruh kepercayaan penuh kepada pertolongan Allah. Tentu mustahil jika mereka hanya mengandalkan kekuatan sendiri untuk menaklukkan bangsa-bangsa lain. Oleh sebab itu, kita juga harus belajar percaya pada janji penyertaan Allah. Ia akan melakukan perbuatan ajaib yang bahkan tidak pernah terpikirkan sekali pun oleh kita. Kita hanya perlu percaya! (TV)



 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Ajarilah aku untuk percaya kepada-Mu ya Allah bahwa Engkau tidak akan membiarkan aku sendirian.


Comments


bottom of page