PERCAYAKAN DIRI PADA TUHAN



Mazmur 91 : 1-2

1 Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi

dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa

2 akan berkata kepada Tuhan: ”Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku,

Allahku, yang kupercayai.”


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


Sobat Teruna yang dikasihi Tuhan, pernahkah mengalami rasa takut ketika berjalan seorang diri dalam kegelapan? Misalnya takut ada orang jahat atau khawatir tersesat dan tidak menemukan jalan untuk kembali. Siapa yang ada di benak Sobat Teruna ketika situasi semakin mencekam? Pasti kita berharap ada orang tua, bapak dan ibu polisi atau saudara yang bisa menolong.


Pemazmur telah mengalami berbagai peristiwa sulit dalam kehidupannya. Sempat ia merasa cemas, tidak tenang dalam hidupnya karena kejaran musuh. Saat itu, tidak ada satu pun manusia yang dapat menolongnya. Dalam situasi yang sulit inilah, pemazmur menyadari bahwa hanya Tuhan yang dapat memberikan pertolongan. Oleh sebab itu pemazmur mengajak semua orang yang datang ke Bait Suci untuk berdoa dan benar-benar memercayakan kehidupannya kepada Tuhan yang penuh kuasa. Kata “duduk” menunjukkan sikap hati yang penuh kepasrahan diri dan pengharapan untuk berjumpa dengan Tuhan, lalu menantikan pertolongan-Nya. Dalam doanya, setiap orang percaya harus menyatakan pengakuan percayanya kepada Tuhan sebagai tempat perlindungan dan kubu pertahanan. Tentunya pengakuan kepercayaan kepada Tuhan harus ditunjukkan dalam sikap hidup sehari-hari juga dengan penuh keyakinan.


Sobat Teruna, tidak mudah bagi kita untuk menjalani kehidupan ke depan. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada hari-hari selanjutnya? Apakah kita bisa meraih cita-cita di masa depan? Bagaimana jika tidak ada lagi orang tua yang dapat membimbing dan memberikan pertolongan kepada kita di saat-saat yang sulit? Sobat Teruna, jangan takut! Tuhan Yesus Kristus telah nyata sungguh berkuasa atas kehidupan kita. Tuhan Yesus-lah yang menjadi andalan kita. Jadikanlah firman Tuhan sebagai pedoman hidup supaya kita berhasil dalam kehidupan ini. (DAB)


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, aku serahkan seluruh perjalanan hidupku dan masa depanku dalam naungan cinta kasih-Mu.